Tips

5 Cara Mengelola Tingkat pH dan Mengganti Air di Kolam Koi

5 Cara Mengelola Tingkat pH dan Mengganti Air di Kolam Koi

Jual Ikan Koi Blitar Super – PH stabil air Anda sangat penting untuk ikan Koi kesayangan Anda. Tingkat pH terbaik untuk kolam Koi adalah antara 7,0 dan 8,6. Pengukuran tingkat pH secara teratur adalah suatu keharusan. Kadar pH yang tidak sehat dapat menyebabkan kerusakan yang besar bagi ekosistem ikan kesayangan Anda dan membahayakan hidupnya.

Apa yang menyebabkan pH tidak stabil adalah kimia sederhana. Penyebab paling umum adalah siklus pertukaran karbondioksida pada tumbuhan. Biasanya pada siang hari tanaman memberi lebih banyak oksigen, tetapi pada malam hari mereka menghasilkan CO2.

Semua vegetasi yang membusuk, hujan, dan batu kapur juga dapat menyebabkan perubahan pH. Tingkat pH netral hingga basa sedang dapat dikelola dengan menjaga sistem penyaringan atau filtrasi air tetap terjaga dengan baik. Anda dapat menggunakan beberapa metode berikut untuk memeliharanya:

  1. Zat aditif pada air sering digunakan untuk menjaga kualitas air. Mereka memblokir amonia, nitrit, atau logam berat yang ada di air kolam Anda. Ketika Anda memiliki tingkat pH yang tidak stabil, amonia akan sangat beracun bagi ikan Anda. Perubahan pH yang tiba-tiba dapat berdampak buruk pada ikan Anda. Ada beberapa penjaga pH khusus dan aditif air yang dapat disesuaikan yang juga dapat digunakan secara luas untuk mengontrol pH.
  2. Selain pengkondisian air, penggantian air setiap hari akan membantu membantu Anda menjaga keseimbangan pH kolam Anda. Menggunakan air yang didemineralisasi dan dideklorinasi adalah salah satu langkah untuk menurunkan tingkat pH yang tinggi. Namun, penting untuk mengubah persentase tertentu dari air, atau Anda dapat menyebabkan kerusakan pada ekosistem yang telah Anda kembangkan .
  3. Di Jepang, praktik yang populer adalah memasukkan cangkang tiram di beberapa filter air Anda untuk menjaga pH yang lebih stabil.
  4. Soda kue adalah komponen lain yang akan mempengaruhi tingkat pH di air kolam Anda.
  5. Pengendalian alga di kolam juga menjadi faktor. Jika Anda mengurangi dan mengontrol alga, pH tidak akan setinggi itu.

Kami sangat menganjurkan agar semua pemilik kolam secara teratur memeriksa kualitas airnya. Memiliki sistem penyaringan air yang terawat dengan baik dan kontrol alga yang tepat adalah suatu keharusan. Selalu hubungi spesialis seperti Duta Koi Sejahtera tempat jual ikan koi Blitar super untuk informasi atau layanan profesional.

Baca Juga: Jenis Ikan Koi Terbaik untuk Kolam Pertama Anda

Pentingnya Mengganti Air Kolam Koi

Pergantian air adalah bagian penting untuk menjaga kesehatan Koi Anda. Hal ini penting untuk menjaga dan mengelola kondisi erta kualitas air yang sangat baik, melakukan pergantian air secara teratur, dan mengukur tingkat pH, nitrit, nitrat, amonia, KH, oksigen, suhu, dan salinitas.

Seberapa Sering Anda Harus Mengganti Air di Kolam Koi Saya?

Kecuali Anda memiliki masalah dengan level di atas, perubahan air harus terjadi setiap minggu. Sebagian besar pemilik Kolam Koi mengubah sekitar 10% hingga 20% air karena tekanannya jauh lebih ringan bagi Koi dan lebih aman bagi ekosistem itu sendiri.

Bagaimana Cara Mengubah Air di Kolam Koi Saya?

Kebanyakan pemilik kolam menggunakan vakum kolam, pompa air atau selang penyedot. Untuk melacak berapa banyak air yang Anda keluarkan dari kolam, gunakan tong plastik. Anda dapat membuang air dengan menyiram taman atau tanaman kolam dalam pot. Air baru yang Anda masukkan ke dalam kolam harus diolah (dideklorinasi) dengan air keran. Untuk menghindari perubahan suhu yang berbahaya, pompa perlahan ke dalam kolam.

Apakah Anda memiliki hobi memelihara ikan koi ataupun ingin berbisnis budidaya ikan koi? Hubungi kami sekarang juga di Duta Koi Sejahtera. Duta Koi Sejahtera adalah tempat jual ikan koi Blitar super, terbaik dan terpercaya. Anda bisa menghubungi kami langsung via WhatsApp atau langsung menuju ke lokasi kami yang berada di Modangan, Nglegok, Blitar, Jawa Timur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *