5 Makhluk Air yang Akan Hidup Harmonis di Kolam Koi

5 Makhluk Air yang Akan Hidup Harmonis di Kolam Koi

Jual Ikan Koi Blitar Super – Bertentangan dengan apa yang mungkin Anda pikirkan, koi dapat hidup berdampingan secara harmonis dengan ikan lain. Kami menemukan bahwa mayoritas pemilik koi sering khawatir untuk menambahkan spesies baru ke kolam mereka. Perhatian utama mereka biasanya pada kesejahteraan ikan baru dan koi itu sendiri, keseimbangan kimiawi, polusi atau kebutuhan untuk mengubah suhu dan pH air. Dimana hal ini bisa sangat berbahaya bagi seluruh ekosistem.

Ada beberapa jenis ikan yang cocok dengan koi dan habitat aslinya. Bahkan, beberapa di antaranya sebenarnya akan sangat membantu pengendalian alga dan pemeliharaan kualitas air. Pilihan terbaik biasanya ikan yang hidup di permukaan air lain untuk menghindari persaingan memperebutkan makanan.

Ikan Mas

Pilihan paling umum bagi banyak pemilik kolam adalah memasukkan ikan mas bersama koi mereka. Mereka bisa hidup harmonis tanpa masalah, namun koi dan ikan mas bisa memiliki generasi hibrida, dan tidak diketahui mewarisi kecantikan mereka. Koi dan ikan mas berbagi kebutuhan kondisi air dan cuaca yang sama. Ingatlah bahwa mereka berdua makan di permukaan dan Anda harus memberi makanan tambahan.

Plecostomus atau Ikan Pembersih

Pilihan umum lainnya adalah mengadopsi ikan pembersih untuk kolam. Ikan pemakan alga seperti plecostomus atau golden nugget plecos biasanya tidak akan mengganggu koi Anda. Mereka adalah ikan yang memiliki bentuk tubuh seperti lele yang hidup di dasar laut dan akan tetap sibuk memakan alga dan jarang naik ke permukaan. Plecos adalah ikan yang kuat dan dapat bertahan hidup dalam kondisi yang sama dengan koi. Praktik terbaiknya adalah mengenalkan beberapa pleco saja, tergantung pada ukuran kolam Anda dan jumlah ikan koi saat ini. Mereka juga memiliki warna yang indah dan corak yang khas.

Melanotaenia

Melanotaenia atau ikan pelangi juga baik di kolam yang sama seperti koi. Mereka biasanya hidup harmonis dengan jenis ikan komunitas. Ikan pelangi bersifat omnivora dan makanannya termasuk krustasea kecil, larva serangga, dan alga. Namun, mereka tidak akan mengabaikan kelezatan makanan ikan yang diberikan. Oleh karena itu, seperti halnya plecos, mereka akan memberikan bantuan untuk pemeliharaan kolam Anda. Mereka tidak agresif, tetapi menurut sebagian besar pemilik ikan, Anda seharusnya hanya memiliki satu ikan pelangi jantan di ekosistem kolam Anda.

Baca Juga: 6 Faktor Kondisi Air Terbaik untuk Kolam Ikan Koi

Bekicot Jepang

Bekicot Jepang adalah makhluk air dimaksudkan untuk tinggal di kolam koi. Mereka tidak seperti siput biasa yang Anda lihat di sekitar. Siput jenis ini tidak tertarik pada koi dan ikan juga tidak tertarik pada mereka. Mereka juga menjaga kualitas air dengan memakan alga tanpa lelah. Siput Jepang adalah siput unik yang bahkan akan memberi Anda tanda tertentu ketika Anda perlu memeriksa air kolam atau akuarium Anda.

Ikan Nila

Diketahui bahwa beberapa kebun binatang dan akuarium yang dibuka untuk umum memiliki ikan nila di kolam yang sama dengan koi. Ini adalah ikan air tawar non-agresif yang akan memakan alga dan makanan nabati lainnya, serta makanan ikan, jadi Anda harus menambahkannya sedikit lagi.

Sebelum Anda memperkenalkan ikan tambak atau makhluk air lainnya, sebaiknya konsultasikan dengan spesialis ikan koi. Sebagai pedagang ikan premium dan pembudidaya koi di Blitar, di sini, di Duta Koi Sejahtera, kami sangat menyarankan Anda untuk melanjutkan dengan hati-hati dan hanya membeli ikan dari tempat jual ikan koi Blitar super ini.

Apakah Anda memiliki hobi memelihara ikan koi ataupun ingin berbisnis budidaya ikan koi? Hubungi kami sekarang juga di Duta Koi Sejahtera. Duta Koi Sejahtera adalah tempat jual ikan koi Blitar super, terbaik dan terpercaya. Anda bisa menghubungi kami langsung via WhatsApp atau langsung menuju ke lokasi kami yang berada di Modangan, Nglegok, Blitar, Jawa Timur.

Leave a Reply

Your email address will not be published.