6 Faktor Kondisi Air Terbaik untuk Kolam Ikan Koi

6 Faktor Kondisi Air Terbaik untuk Kolam Ikan Koi

Jual Ikan Koi Blitar Murah – Jika Anda adalah orang yang memelihara Koi untuk pertama kali, Anda harus mengetahui kondisi spesifik yang dibutuhkan ikan yang luar biasa ini untuk hidup panjang dan bahagia. Menjaga kualitas air Koi Anda adalah yang terpenting, oleh karena itu kami telah mengumpulkan untuk Anda daftar faktor kondisi air yang penting untuk kolam ikan Anda.

Tingkat pH Ideal untuk Kolam Koi

Seperti yang telah disebutkan oleh para pakar, tingkat pH ideal untuk Kolam Koi adalah 7,0 hingga 8,6 karena Koi berkembang paling baik di air alkali.

Tingkat KH dari Kolam Koi

Ketika kita berbicara tentang pH, kita juga harus memperhatikan tingkat KH. KH adalah tingkat alkalinitas karbonat air. Kadar KH akan menentukan kemungkinan perubahan pH di kolam Anda karena kemampuan anion karbonat untuk menetralkan asam. Atau secara sederhana dikatakan menentukan kualitas kolam Anda. Kadar KH di kolam koi harus 105 ppm.

Kadar Amonia, Nitrit, dan Nitrat di Kolam Koi

Idealnya, kadar amonia harus nol. Namun, tingkat pH Anda juga merupakan bagian dari ini, karena jika tingkat pH tidak baik, amonia menjadi beracun. Amonia atau nitrit terlarut juga harus nol, atau setidaknya kurang dari 0,25 ppm. Kadar nitrat bisa mencapai 20 hingga 60 ppm.

Mengapa ini sangat penting? Siklus limbah di kolam dimulai dengan amonia yang dikeluarkan oleh ikan. Amonia dipecah oleh bakteri dan oksigen menjadi nitrit, yang dipecah menjadi nitrat sebelum menjadi nitrogen. Semua ini menimbulkan masalah kesehatan bagi ikan Anda.

Mereka adalah penyebab dari sejumlah masalah kesehatan, di antaranya adalah menyerang kesehatan insang ikan Anda. Ini secara drastis akan mengurangi kemampuan ikan untuk mengekstraksi oksigen yang sangat mereka butuhkan. Selain itu, paparan nitrit dan nitrat yang lama akan merusak ginjal, saraf, dan sistem kekebalan Koi.

Baca Juga: Kenali dan Pelajari Lebih Dalam tentang Ulkus pada Koi

Tingkat Salinitas Ideal untuk Kolam Koi

Tingkat salinitas 3 sampai 5 ppt (0,3% sampai 0,5%) dapat diterima untuk kolam Koi. Natrium klorida (NaCl atau garam) digunakan untuk mengobati air terhadap 7 dari 9 jenis parasit di kolam Koi. Konsentrasi garam yang disebutkan di atas akan mengobati parasit dan juga melawan alga. Namun kadar salinitas yang tidak terkontrol akan menyebabkan tekanan osmosis menjadi lebih rendah. Ini akan menyebabkan ikan Anda dehidrasi dan mati, begitu juga tanaman Anda.

Tingkat Oksigen Terbaik untuk Kolam Koi

Tingkat minimum oksigen terlarut untuk kolam Koi adalah 5mg / L, di mana maksimum yang dapat ditampung air adalah 18mg / L. Anda harus memperhatikan kadar oksigen di Kolam Koi setiap saat. Cara terbaik untuk memastikan bahwa ada aliran oksigen yang stabil di kolam dan diangin-anginkan adalah dengan menggunakan pompa udara dan air mancur atau air terjun yang akan memercikkan air yang diangin-anginkan kembali ke kolam, menciptakan sirkulasi air dan aerasi yang dinamis.

Suhu Terbaik untuk Kolam Koi

Suhu air sangat penting untuk kesehatan kolam Anda secara keseluruhan. Suhu menentukan kadar oksigen terlarut dan amonia. Suhu terbaik untuk Koi adalah 18° C hingga 24° C dan yang terpenting adalah menghindari perubahan suhu. Koi pada dasarnya adalah ikan air dingin dan dapat hidup dalam suhu dari 1,5° C hingga 30° C tetapi mereka tidak akan nyaman dengan tingkat suhu ini.

Apakah Anda memiliki hobi memelihara ikan koi ataupun ingin berbisnis budidaya ikan koi? Hubungi kami sekarang juga di Duta Koi Sejahtera. Duta Koi Sejahtera adalah tempat jual ikan koi Blitar murah, terbaik dan terpercaya. Anda bisa menghubungi kami langsung via WhatsApp atau langsung menuju ke lokasi kami yang berada di Modangan, Nglegok, Blitar, Jawa Timur.

Leave a Reply

Your email address will not be published.