Tips

7 Langkah Mudah Memelihara Ikan Koi di Akuarium yang Perlu Diperhatikan

7 Langkah Mudah Memelihara Ikan Koi di Akuarium yang Perlu Diperhatikan

Jual Ikan Koi Blitar Murah – Memang, kebanyakan ikan koi dipelihara di kolam karena akan nampak bagus melihat warna-warni ikan koi dari atas. Namun, bagi Anda yang tidak mempunyai cukup ruang untuk membuat kolam koi, Anda tidak perlu khawatir. Ikan koi dapat dipelihara dengan baik di akuarium.

Memelihara ikan koi di akuarium mempunyai beberapa keuntungan. Anda dapat mengamati pertumbuhan ikan koi, sehingga dapat segera diketahui jika ada masalah pada ikan koi misalnya karena penyakit atau virus. Keuntungan lain dari memelihara ikan koi di Duta Koi Sejahtera tempat jual ikan koi Blitar murah untuk akuarium adalah dapat ditempatkan sesuai keinginan. Anda bisa meletakkannya di dalam rumah sekaligus sebagai dekorasi interior rumah Anda. Jika Anda memutuskan untuk memelihara ikan koi di akuarium, simak langkah-langkah berikut:

Langkah 1

Sediakan akuarium dengan ukuran yang cukup besar untuk menampung sejumlah koi yang Anda miliki. Koi membutuhkan akuarium dengan volume yang besar untuk berkembang. Sesuaikan dengan jumlah ikan koi yang ingin Anda masukkan ke salam akuarium. Populasi yang sesak dapat mengganggu pertumbuhan koi dan membuat air kolam cepat kotor. Gunakan akuarium dengan panjang minimal 150 cm dan lebar 50 cm serta tinggi 50 cm untuk memelihara koi dengan ukuran maksimal 10 cm sejumlah maksimal 10 ekor saja.

Langkah 2

Letakkan akuarium di atas dudukan yang dapat dengan kuat menopang berat akuarium. Temukan lokasi untuk meletakkan akuarium di rumah Anda yang dapat menampung berat akuarium dengan aman, seperti di dekat dinding penyangga atau di lantai dasar beton. Dapatkan ikan koi berkualitas untuk akuarium anda hanya di Duta Koi Sejahtera tempat jual ikan koi Blitar murah.

Langkah 3

Karena ruangan akuarium terbatas, pasanglah filter eksternal atau filter gantung yang diletakkan di atas akuarium. Anda juga dapat memilih untuk menggunakan filter karbon untuk menghilangkan racun dan kotoran di dalam air. Filter sangat penting untuk kebersihan air dalam akuarium. Jangan lupa untuk mencuci media filter secara teratur setidaknya seminggu sekali agar tidak terjadi penumpukan kotoran yang menyebabkan penyumbatan aliran air.

Baca Juga: 10 Fakta Unik tentang Ikan Koi untuk Anda Ketahui

Langkah 4

Selalu pasang penutup akuarium di atas akuarium untuk mencegah koi melompat keluar. Gunakan penutup dengan cahaya di dalamnya karena koi juga membutuhkan 12 jam cahaya sehari. Anda bisa memasang lampu LED pada penutup akuarium. Lampu LED digunakan sebagai pengganti sinar matahari. Dengan begitu, akan menghambat pertumbuhan lumut sehingga kaca akuarium akan tetap bersih. Selain itu, lampu LED juga mempercantik akuarium terutama pada ruangan yang sedikit penyinaran.

Langkah 5

Uji pH air secara teratur. Koi menyukai pH netral antara 7 dan 9. Tambahkan penstabil pH jika pH terlalu rendah. Duta Koi Sejahtera tempat jual ikan koi Blitar murah menyediakan ikan koi berkualitas untuk menambah koleksi ikan koi anda.

Langkah 6

Lakukan penggantian air parsial setiap minggu. Keluarkan 10 hingga 20 persen air dalam akuarium, lalu tutup akuarium dengan air keran, tambahkan deklorinator ke air baru sebelum menuangkannya ke dalam akuarium.

Langkah 7

Makanan dibutuhkan ikan koi untuk proses pertumbuhannya. Namun, pemberian makan yang terlalu banyak menyebabkan koi banyak mengeluarkan kotoran yang mengotori air di akuarium. Maka, hindari memberi makan berlebihan untuk ikan koi. Ikan Koi membutuhkan pakan seberat 2 sampai 3 persen dari berat badannya. Berilah makan koi hanya apa yang bisa mereka makan dalam lima menit.

Apakah Anda memiliki hobi memelihara ikan koi ataupun ingin berbisnis budidaya ikan koi? Hubungi kami sekarang juga di Duta Koi Sejahtera. Duta Koi Sejahtera adalah tempat jual ikan koi Blitar murah, terbaik dan terpercaya. Anda bisa menghubungi kami langsung via WhatsApp atau langsung menuju ke lokasi kami yang berada di Modangan, Nglegok, Blitar, Jawa Timur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *