Tips

Tips Sukses Budidaya Ikan Koi di Kolam Terpal Agar Untung Besar

Tips Sukses Budidaya Ikan Koi di Kolam Terpal

ikan koi Blitar – ┬áTips sukses budidaya ikan koi di kolam terpal haruslah benar-benar dipahami. Terutama oleh kamu yang ingin bisa meraup banyak keuntungan, dengan cara ini. Ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk mewujudkannya.

Bagi pemula sebaiknya juga belajar pada ahlinya. Tidak ada salahnya berkunjung ke Duta Koi Blitar. Selain menyediakan bibit ikan koi berkualitas dari berbagai jenis, di sini kamu juga bisa berbelanja sambil belajar. Pengalaman adalah guru terbaik. Untuk mendapatkannya tidak harus mengalami sendiri, kita bisa belajar pada ahlinya.

Tips Sukses Budidaya Ikan Koi di Kolam Terpal

Agar hasil yang diperoleh bisa benar-benar maksimal. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan, selama budidaya ikan koi dengan cara ini.

Lokasi Terbaik : Lokasi usaha sangat menentukan kesuksesan, apalagi untuk budidaya makhluk bernyawa. Pastikan kolam ikan terpal jauh dari predator yang dapat merugikan usaha kita.

Berada di Luar Ruangan : Meski bisa dilakukan di dalam ruangan, akan lebih baik jika budidaya ini dilakukan di luar ruangan.

Budidaya dengan Baik : Kamu harus memahami dengan benar, cara budidaya ikan koi yang baik dan menguntungkan. Mulai dari pembibitan, mengawinkan, pemijahan, dan lain sebagainya.

Kelebihan Kolam Terpal untuk Ikan Koi

Tips Sukses Budidaya Ikan Koi di Kolam Terpal

Selain bisa mendatangkan lebih besar keuntungan, tentu ada kelebihan lain budidaya ikan koi di kolam terpal. Diantaranya adalah suhu air lebih stabil, sehingga perkembangan ikan lebih baik.

Dengan menggunakan kolam ikan terpal, volume air senantiasa terjaga. Pastinya juga, kolam tidak bau tanah. Ketika musim panen tiba, memanen ikan di kolam terpal jauh lebih mudah.

Selain dapat memperpanjang usia ikan. Penggunaan kolam berbahan terpal, juga semakin meminimalisir ikan terserang hama dan penyakit.

Cara Membuat Kolam Ikan Koi dari Terpal

Kamu tentu penasaran bukan, bagaimana cara membuat kolam ikan koi terpal yang baik dan benar itu. Berikut tahapannya.

  • Sediakan kolam terpal setengah jadi, jika bingung kamu bisa datang ke Duta Koi Blitar.
  • Pilih metode yang akan digunakan, di atas atau di dalam tanah.
  • Jika di dalam tanah maka harus menggali lebih dulu. Jika di atas tanah, maka kamu harus menyediakan rangka kayu sebagai penopang.
  • Pastikan lingkungannya baik dan sehat. Harus ada sinar matahari dan udara yang cukup tentunya.
  • Kedalaman dan ukuran kolam, harus senantiasa sesuai dengan kebutuhan budidaya maupun jumlah dari ikan yang dipelihara.

Ukuran kolam ikan umumnya adalah lebar 4 meter x panjang 5 meter x tinggi 1 meter. Terpal yang dibutuhkan ukuran tersebut biasanya 6×7 meter. Pastikan memilih terpal dengan bahan yang halus.

Cara Merawat Kolam Terpal

Cara perawatan kolam ikan koi terpal, merupakan salah satu bagian penting yang harus dipahami. Selain agar kolam selalu bersih dan, tentu saja agar ikan yang dipelihara senantiasa sehat.

Sangat penting untuk menjaga kebersihan kolam ikan, apalagi jika dekat dengan pepohonan. Biasanya akan ada daun maupun ranting, yang jatuh ke kolam. Untuk membuat ikan semakin nyaman, sebaiknya tambahkan beberapa tanaman kecil pada kolam. Beberap jenis ganggang juga baik untuk dikonsumsi ikan.

Jangan lupa untuk senantiasa memastikan jumlah air dalam kolam. Pastikan jumlahnya senantiasa memadai, sehingga ikan bebas bergerak dan persediaan oksigen melimpah. Ukur dengan tepat jumlah air yang dibutuhkan dengan ukuran kolam, serta jumlah ikan yang dipelihara.

Jangan Lupa Pasang Filter Air

Filter kolam ikan koi yang tepat sangat penting, termasuk yang menggunakan terpal. Dengan penggunaan filter, maka kebersihan kolam menjadi lebih terjaga.

Biasanya filter diletakan di dasar kolam terpal. Hal ini bertujuan agar berbagai kotoran yang ada di dasar kolam, dapat terserap oleh filter tersebut.

Hal yang tak kalah penting dalam budidaya ikan koi di kolam terpal, adalah memilih bibit berkualitas. Setelah mendapatkannya, pembibitan dapat dilakukan dengan meletakan benih ikan koi langsung ke kolam. Kamu juga bisa memasukan ikan koi jantan dan betina, sembari menunggu proses reproduksi berjalan.

Selain datang ke Duta Koi Blitar, Untuk mendapatkan bibit koi terbaik, kamu bisa memesan melalui situs ini. Kami melayani pemesanan ke seluruh Indonesia. Menggunakan prosedur pengiriman yang terjaga keamanan dan kesehatannya. Garansi ganti ikan baru jika sampai tujuan ada ikan mati.

2 thoughts on “Tips Sukses Budidaya Ikan Koi di Kolam Terpal Agar Untung Besar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *