Tips

Cara Membedakan Ikan Koi Jantan dan Betina, Sudah Tahu?

Cara Membedakan Ikan Koi Jantan dan Betina

Jual ikan koi Blitar Murah – Membedakan ikan koi jantan dan betina, adalah hal penting yang harus dipahami. Terutama bagi kamu yang ingin sukses membudidaya ikan cantik ini. Nah apakah kamu sudah mengetahuinya?

Jika belum tepat sekali berkunjung ke situs ini. Selain membahas cara membedakan ikan koi jantan dan betina, saya juga akan menjelaskan cara memilih ikan koi berkualitas.

Info nih, bagi kamu yang ingin mendapatkan koi asli dari kota Blitar kami juga menyediakannya loh. Jangan khawatir, kami melayani pemesanan ke seluruh wilayah di Indonesia. Selain memastikan pengiriman sesuai prosedur, kami juga berikan garansi ganti ikan baru. Terutama jika sampai tujuan ada ikan mati. Selain memesan melalui situs ini, kamu juga bisa mengunjungi situs dutakoi.com.

Cara Membedakan Ikan Koi Jantan dan Betina

Selain diperlukan untuyk memasangkan ikan koi, mengetahui perbedaan ikan jantan dan betina juga penting untuk pemijahan. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengetahuinya:

1. Melihat Bentuk Fisik

Untuk membedakan ikan koi jantan dan betina, salah satunya dapat dilihat dari perbedaan fisiknya. Jika dilihat dari atas punggung, ikan koi jantan bentuk fisiknya terlihat lebih ramping.

Semantara betina ukuran perutnya lebih besar dari punggungnya.

2. Meraba Pipi Ikan Koi

Untuk mengetahui jenis kelamin ikan koi, dapat juga dilakukan dengan meraba pipinya. Ikan koi berkelamin jantan, pada usia 7-8 bulan, pipinya bertekstur kasar. Sementara pipi betinanya akan selalu memiliki tekstur halus.

3. Melihat Bagian Bawah

Cara lain untuk membedakan adalah dengan melihat bagian bawah anus ikan koi. Cairan yang keluar dari koi jantan adalah cairan sperma. Caranya adalah dengan menekan bagian bawah anus. Koi jantan akan mengeluarkan sperma berwarna putih dan agak kental, sedangkan koi betina mengeluarkan kotoran berwarna kuning dengan tekstur agak kasar.

4. Merasakan Tekstur pada Sirip Ikan

Tekstur sirip ikan koi, juga dapat digunakan untuk membedakan jenis kelaminnya. Tekstur sirip ikan koi betina akan selalu halus dan lembut. Sementara koi jantanya, terasa kasar dan terdapat sedikit butir-butir yang menyerupai pasir.

Tekstur sisik ikan koi jantan, juga secara alami lebih cendrung kasar, terutama pada kepalanya. Ini memang sangat dibutuhkan koi jantan. Khususnya untuk kebutuhannya dalam bertarung. Dimana sesama jantan lain, kadang harus berlomba merebutkan betina, atau hanya sekedar tempat.

Ini pula yang menjadi alasan, kenapa dalam kontes ikan koi, lebih banyak menyertakan ikan berjenis kelamin betina.  Selain lebih halus, umumnya tekstur tubuh yang dimilikinya juga lebih indah.

Cara Memilih Indukan Koi Berkualitas

Cara Membedakan Ikan Koi Jantan dan Betina

Setelah mengetahui perbedaan ikan koi jantan dan betina. Agar bisa menghasilkan indukan koi berkualitas, kamu juga harus mengetahui cara memilih indukan koi yang bagus.

Untuk memilih ikan koi jantan dan betina, sebagai indukan berkaulitas, pilihlah ikan koi yang sudah matang dan dewasa. Tandanya adalah sudah memiliki postur tubuh memadai.

Syarat indukan jantan, selain cukup matang tentunya juga harus sudah menghasilkan sel sperma. Untuk betina pastinya harus sudah menghasilkan sel telur. Indukan berkualitas, harus senantiasa mampu menghasilkan sel telur dan sperma yang sehat.

Perhatikan Fisiknya dengan Seksama

Indukan koi terbaik, tentunya harus mermiliki fisik yang sehat dan tidak cacat. Sirip dan sisiknya pun harus lengkap.

Saat berenang, gerakannya tidak loyo dan selalu seimbang. Keseimbangannya dalam berenang adalah tanda, bahwa sirip punggung dan dadanya seimbang.

Ciri Ikan Koi Siap Kawin

Koi betina yang siap kawin idealnya berumur 2 tahu, sementara jantannya berusia sekitar 3 tahun. Dari koi jantannya, ukuran tubuh betina umumnya berukuran lebih besar. Sementara koi jantan akan terlihat lebih langsing, terutama jika dilihat dari atas punggungnya.

Biasanya ikan koi yang siap kawin, juga ditandai dengan munculnya bintik-bintik putih di tubuhnya. Pada saat normal, bintik-bintik ini tidaklah muncul.

Indukan koi yang baik juga harus jelas masuk pada kriteria jenis koi yang mana. Baik itu sebagai showa, kohaku, kobbe, dan lainnya.

Demikian pembahasan mengenai cara membedakan ikan koi jantan dan betina, serta cara memilih indukan berkualitas. Semoga informasi ini bermanfaat. Pastikan membeli di toiko ikan hias terbaik, sehingga lebih mudah mendapatkan ikan berkualita super.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *