KolamTips

11 Cara Memelihara Ikan Koi di Kolam untuk Suasana Rumah Makin Nyaman

Cara Memelihara Ikan Koi di Kolam

Ikan Koi Blitar SuperCara memelihara ikan koi di kolam penting diketahui kamu yang ingin memiliki suasana rumah yang alami. Dengan mengetahui cara ini, ikan yang dipelihara akan senantiasa sehat.

Ikan koi merupakan salah satu ikan hias dari Jepang yang cocok di tempatkan di kolam. Sementara jika ingin memeliharanya di aquairum, ada banyak jenis ikan laut yang bisa dipilih. Bahkan bentuknya bisa lebih indah, sehingga suasana ruangan di dalam rumah semakin nyaman.

Selain di tempatkan di depan rumah, kamu bisa memelihara ikan koi di sampaing maupun belakang rumah. Usahakan membuat kolam yang indah sehingga semakin memiliki nilai seni tinggi.

Jangan lupa berikan hiasan pada kolam, baik di sisi maupun tengah kolam. Selain untuk memperindah, juga bisa untuk sembunyi ikan. Kamu juga bisa menggunakan hiasan untuk aquarium.

11 Cara Memelihara Ikan Koi di Kolam

Ada beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk memelihara ikan koi di dalam kolam. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Siapkan Kolam Ikan yang Sesuai

Untuk dapat memelihara ikan koi, sebelumnya kamu tentu harus menyiapkan kolam tersebut. Buatlah ukuran yang sesuai, sehingga ikan nantinya memiliki ruang gerak yang cukup.

 Dalam pembuatan kolam ikan yang menggunakan semen tersebut, selain bentuknya  yang indah, pastikan membuat hiasan juga agar permanen.

Ukuran kolam yang dibuat akan sangat menentukan jumlah ikan yang bisa dipelihara. Jika ingin memelihara dalam jumlah banyak, wajib bagi kamu membuat kolam ikan dengan ukuran cukup luas.

2. Isi Kolam dengan Air Bersih

Setelah kolam sudah kamu siapkan, pastikan mengisinya dengan air bersih. Bebas dari zat berbahaya seperti deterjen dan lain sebagainya.

Bagi kolam yang baru dibuat. Sebelum diisi ikan, sebaiknya biarkan kolam berisi air tersebut untuk beberapa hari. Ini sangat penting, sehingga kolam tidak berbau dan bisa membuat ikan keracunan.

Minimal setelah satu minggu, selanjutnya silahkan ganti air tersebut dengan air bersih baru.

Untuk menguji keamanannya, coba taruh satu atau dua ekor ikan. Jika ikan baik-baik saja selama sehari semalam, berarti sudah bisa digunakan.

3. Membeli Ikan Koi Berkualitas

Setelah kolam sudah diisi ikan. Maka kamu bisa mencari ikan berkualitas. Ada banyak jenis ikan koi, dari harga murah hingga sangat mahal.

Dalam postingan sebelumnya, saya juga pernah menuliskan daftar ikan koi termahal. Harganya bukan hanya ratusan ribu, bahkan beberapa ada yang mencapai angka miliaran rupiah per ekornya.

Untuk membelinya, tentu saja kita harus menyesuaikan dengan kondisi keuangan. Belilah di toko ikan hias terpercaya, yang menjual ikan koi berkualitas dengan harga bersahabat. Tidak selamanya harga mahal itu menunjukan kualitas.

Yang paling penting saat membeli ikan, pastikan membeli ikan yang benar-benar sehat. Pastikan juga memiliki bentuk fisik yang baik, tidak cacat dan memiliki perpaduan warna indah.

4. Jangan Lupa Lakukan Karantina

Cara memelihara ikan koi di kolam selanjutnya dengan karantina. Yaitu setelah ikan sampai di rumah karantina ikan lebih dulu. Dengan hal ini maka ikan tidak kaget setelah di masukann ke dalam kolam.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melakukan karantina ikan, agar tidak kaget saat berada di lokasi baru. Kita akan membahas ini secara lengkap pada postingan lainnya.

5. Taruh Ikan ke Kolam dengan Baik

Setelah ikan dikarantina dalam waktu yang cukup, selanjutnya kita tinggal menaruhnya ke kolam.

Pastikan air di dalam kolam maupun wadah dalam keadaan bersih. Taruh ikan ke kolam beserta air yang ada di wadahnya. Akan terjadi percampuran air, ini sangat bagus untuk masa adaptasi.

6. Selalu Jaga Kebersihan Kolam

Cara Memelihara Ikan Koi di Kolam

Cara memelihara ikan koi di dalam kolam yang paling penting diantaranya menjaga kebersihan kolam. Tidak seperti ikan lele yang menyukai tempat kotor dan keruh. Koi adalah salah satu jenih ikan yang menyukai tempat bersih.

Untuk membuatnya senantiasa nyaman dan hidup dengan baik, maka kita harus membersihkan kolam secara teratur. Selain membersihkan kolam, rutin memberikan air baru juga akan membuat kolam senantiasa bersih.

7. Pastikan Ikan Tidak Kekurangan Makan

Setiap makhuk hidup tentu membutuhkan makanan. Baik untuk menghasilkan energi, hingga untuk kebutuhan tumbuh kembang.

Memberi ikan makan secara teratur dapat mencegah kelaparan. Tumbuh kembang ikan juga akan maksimal seiring dengan nutrisi yang diberikan.

Selain berupa pakan ikan, kamu juga bisa memberi makan berupa binatang. Binatang yang disukai diantaranya kutu air, cacing rambut, jentik nyamuk, dan lain sebagainya.

Berikan ikan makan setidaknya dua kali dalam sehari, yakni pada waktu pagi dan sore hari.

8. Rutin Memantau Kesehatan Ikan

Setiap makhluk bernyawa pasti bisa merasakan sakit. Terutama jika ada kuman atau virus yang masuk ke dalam tubuh. Penyebab ikan koi mati diantaranya karena penyakit.

Oleh karena itu, cara memilihara ikan koi di kolam salah satunya dengan rutin memantau kesehatannya. Setidaknya ketika memberinya makan, kamu bisa memperhatikan tingkah lakunya.

Penyakit pada koi biasanya dikarenakan bakteri. Salah satu cara terbaik menjaga kesehatan ikan memang dengan memastikan kolam selalu bersih. Pastikan juga suhu kolam baik untuk kenyamanan tempat tinggal ikan.

9. Pastikan Temperatur Kolam Tepat

Temperatur merupakan salah satu hal penting bagi ikan untuk bisa hidup dengan baik. Temperatur yang tidak cocok, akan membuatnya tidak nyaman sehingga bisa berpengaruh terhadap pertumbuhannya.

Untuk membuat ikan koi selalu nyaman, pastikan kamu memantau suhu air kolam. Suhu kolam yang baik untuk tempat hidup ikan koi, antara 24 sampai 26 derajat celcius.

10. Buat Kolam Alami dengan Tanaman

Cara Memelihara Ikan Koi di Kolam

Setiap makhluk hidup pasti menyukai tempat sesuai dunianya. Sekali pun dipelihara di kolam rumah, pastikan ikan tidak kehilangan suasana alaminya.

Atas dasar itu dalam cara memelihara ikan koi di kolam ini, saya mengingatkan untuk kamu membuat suasana kolam sealami mungkin.

Salah satu cara terbaik untuk membuat nuansa alami pada kolam, dengan menambahkan tanaman seperti alga.

Adanya tanaman tersebut akan membuat ikan mendapatkan nutrisi alami, yang sangat penting untuk kelangsungan hidupnya. Kolam ikan pun akan semakin terlihat cantik, sehingga semakin nyaman dipandang.

11. Bersihkan Filter Air Secara Berkala

Cara memelihara ikan koi di kolam terakhir yang saya sarankan adalah rutin membersihkan filter air. Dengan rutin membersihkannya maka air kolam pun akan semakin terjaga kebersihannya.

Air yang jernih sangat dibutuhkan ikan koi untuk beraktivitas dan hidup dengan baik. Pastikan kamu memiiki filter air di dalam kolam, sehingga setiap kotoran di dalam air bisa tersaring.

Itulah pembahasan mengenai cara memelihara ikan koi di dalam kolam. Lakukan pemeliharaan dengan baik. Ikan adalah makhluk hidup, maka perlakukanlah ia dengan baik. Penuhi semua kebutuhannya, baik berupa pakan, tempat layak dan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *