Cara Memilih Ikan Koi Shusui Berkualitas yang Harus Kamu Tahu

Cara Memilih Ikan Koi Shusui

ikan koi Blitar Murah – Cara memilih ikan koi Shusui berkualitas, tentu harus dipahami kamu, sebelum memutuskan membelinya. Harapannya, agar kamu semakin puas dan bangga setelah bisa memilikinya

Dari jenis koi lainnya, Shususi memiliki segi yang semakin besar. Selain kulitnya yang lembut. Warna biru gelap pada bagian punggung, juga membuat penampilannya semakin cantik.

Hal ini juga semakin di dukung dengan tampilan warna merah, pada perut, lipatan sirip, hingga ujung hidungnya.

Jika dilihat dari atas, kamu akan melihat sisik yang tersusun rapi, dan memanjang di punggungnya. Sisi kepala koi shususi tanpa ada cela. Begitu bersih, dengan corak kemerah-merahan yang simetris.

Klasifikasi Ikan Koi Shusui

Menurut asal bahasanya, shusui mengandung makna musim gugur yang hijau. Penamaan ini mungkin terinspirasi dari perpaduan warna biru, dan abu-abu. Yakni pada bagian punggung dengan warna merah, orange, maupun kuning, pada perutnya.

Hal yang sangat menarik pada ikan shuisui ada pada sisiknya. Ikan koi ini ada dalam golongan koi yang tidak bersisik, selain sisik besar pada bagian punggungnya. Membentang dari ekor hingga ujung kepala.

Sebagai informasi, koi shususi pada dasarnya adalah hasil persilangan, antara Asagi dengan ikan hias Jerman. Pola sisik yang dimilikinya tersebut, dikatakan sebagai turunan dari asagi.  Perbedaannya sisik pada pungggung asagi, berukuran kecil-kecil. Serta memiliki sisik pada  tubuhnya.

Pengklasifikasian Koi Shusui, dibedakan menurut pola warna pada tubuhnya. Ikan koi hi shususi, memiliki warna merah pada perut yang melebar ke atas, hingga menutupi punggung. Sementara hana shusi, terdapat tambahan garis berwarna merah tambahan, antara punggung dan rusuknya.

Cara Membedakan Shusui

Cara Memilih Ikan Koi Shusui

Untuk memahami cara memilih ikan koi shusui berkualitas. Kamu juga harus memahami perbedaannya dengan baik.

  • Hana Shusui : Kulita berwarna baru, memiliki sinyal merah di garis sisik punggung dan perut.
  • Hi-Shusui : Bagian punggung bebrapa besar ditutupi warna merah.
  • Ki-Shusui: Memiliki hijau gelap maupun ungu di punggungnya.
  • Ki-Matsuba-Doitsu : Memiliki warna punggung nyaris kehitaman.
  • Pearl Shusui : Sisik punggungnya berwarna keperakan

Panduan Memilih Ikan Koi Shusui Berkualitas

Dalam memilih ikan koi shusui, kamu harus senantiasa berhati-hati dan teliti. Kemiripannya yang sangat dekat dengan type asagi, membuat cara memilih keduanya pun hampir sama.

Dalam memilih ikan koi shusui berkualitas, hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah sisiknya. Sisik ikan jenis ini, hanya ada di punggungnya, dengan warna biru indigo maupun nila.

Pastikan punggungnya terlihat rapi, memanjang dari kepala bagian bawah hingga punggung. Sisik tersebut selain rapi, juga harus rapat, tanpa cela.

Ingat sisiknya hanya ada di punggung ya. Jika sisiknya bukan hanya di punggung, itu Mudagoke. Hal tersebut dapat mengurangi nilai shusui.

Hal lain yang harus dipertimbangkan, dalam memilih ikan koi shusui berkualitas, sama saja dengan memilih jenis assagi.

Hal penting yang harus diingat, bagian yang tidak bersisik pada ikan ini, rentan sekali terhadap munculnya bintik-bintik hitam (Jyami).

Jika mengalami kesulitan bisa menghubungi kami. Kami juga menyediakan berbagai jenis ikan koi berkualitas, langsung dari petani.

Selain terjangkau dan melayani pesan antar ke seluruh wilayah di Indonesia. Kami juga memberikan garansi ganti ikan baru. Terutama jika setelah sampai tujuan ada ikan yang mati.

Cara Merawat Ikan Koi Shusui

Selai mengetahui cara memilih ikan koi shusui berkualitas, kamu juga harus memahami cara merawat ikan ini.

Untuk ikan berukuran besar, sangat cocok jika dirawat pada kolam semen. Agar dapat leluasa, ikan ini tentu membutuhkan space yang luas.

Kamu juga bisa memelihara shususi di akuarium, dengan catatan costnya tentu cukup besar. Ukuran minimum akuarium yang digunakan, adalah 1.5 × 1 x 0.5 meter.

Jangan sampai akuarium terserang sinar matahari, sebab bisa menyebabkan warna ikan jadi pucat.  Pastikan pula selain air selalu bersih, pH nya ideal, sehingga ideal pula untuk perkembangan ikan. Ada pun pH ideal yang dimaksud adalah 6.5 hinga 8.5

Demikian panduan cara memilih ikan shusui berkualitas. Semoga bermanfaat untuk kamu yang membutuhkan. Terutama yang memiliki niat membeli ikan ini dalam waktu dekat. Jangan lupa share ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.