InfoJenis

Cara Memilih Ikan Koi untuk Kontes dan Ikan Hias yang Penting Dipahami

Cara Memilih Ikan Koi untuk Kontes

Jual ikan koi Blitar Super – Cara memilih ikan koi untuk kontes dan ikan hias, tentu harus dipahami. Dengan hal ini, maka tujuan tersebut dapat tercapai dengan sangat memuaskan.

Bagi kamu yang ingin membeli, sangat disarankan membeli di toko ikan hias terpercaya. Salah satu penyedia ikan koi berkualitas, Duta Koi Blitar. Selain datang ke tempatnya, kamu juga bisa memesan secara online.

Melayani pemesanan dan pengiriman ke seluruh wilayah di Indonesia. Selain harga lebih terjangkau, sebab ikan langsung dari kolam. Ada garansi ganti ikan baru jika sampai tujuan ada yang mati.

Cara Memilih Ikan Koi untuk Kontes dan Ikan Hias

Apa pun tujuan kamu memelihara, tentu sangat mendambakan ikan koi berkualitas. Selain sangat puas, harganya juga bisa melambung sangat tinggi.

Ikan koi berkualitad, tentu memiliki ciri-ciri khusus yang tidak dimiliki ikan biasa yang sejenisnya.

Cara memilih Ikan Koi Sebagai Ikan Hias

Ada baiknya sebelum membahas cara memilih ikan koi untuk kontes, kita bahas lebih dulu untuk tujuan ikan hias. Baik di aquarium maupun di kolam rumah atau tempat usaha. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan:

1. Pilihlah ikan koi dengan bentuk ideal, dengan perbandingan panjang dan tinggi tubuh 1:2 atau 1:3. Caranya gampang, yakni dengan melihatnya dari atas, ikan akan terlihat bulat memanjang dan tidak terlalu gemuk.

2. Pilih ikan koi yang garis punggungnya lurus, bukan melengkung.

3. Gaya berenangnya berimbang. Ini menandakan kedua sirip dan garis tubuhnya seimbang.

4. Pastikan kamu memilih ikan koi yang ukuran sirip dada dan siripnya sama.

5. Jangan lupa sirip punggung dan sirip ekornya juga harus berukuran proporsional, seimbang, serta sesuai dengan tinggi dan panjang tubuh ikan. Sebaiknya pilih ikan koi, yangsirip punggungnya tegak.

6. Pilih ikan koi dengan kepala, mata, ,ulut, dan insang yang proporsional serta serasi. Hidung ikan koi juga harus pas, tidak terlalu mancung, apalagi terlalu masuk hingga tenggelam dalam timbunan daging.

7. Kamu juga harus memastikan hidung ikan yang dibeli tidak terlalu terbuka. Biasanya hal itu terjadi karena ikan koi pernah mengalami penyakit tertentu, terutama pada bagian insangnya.

8. Pastikan memilih ikan koi yang warnanya cerah, sesuai dengan jenisnya. Misalnya saja jenis kohaku, putihnya harus seputih salju dan warna merahnya sangat cerah.

9. Pastinya harus memilih ikan koi yang sehat. Hindari memilkih ikan yang terlihat lesu, lambat dalam berenang, berenmang tidak seimbang, hingga sering diam di dasar kolam. Tanda ikan tidak sehat, biasanya juga bisa dilihat dari insangnya yang bergerak terlalu cepat. Ada kemungkinan ia sedang mengalami kesulitan bernafas.

10. Pilih juga ikan yang senang berkumpul dengan kawannya. Ikan yang menyendiri biasanya tidak sehat, atau memiliki kebiasaan yang tidak baik jika digunakan sebagai ikan hias.

Cara memilih Ikan Koi untuk Kontes

Cara memilih ikan koi untuk kontes

Tentu sangat bangga ketika kita bisa menang dalam kontes ikan koi. Namun dalam lomba, tentu setiap panitia memberikan kriteria ketat. Atas dasar itu, pastikan memilih ikan koi yang sesuai standar penjurian. Bukan hanya sekedar yang kita sukai saja.

Umumnya kualitas ikan koi, di kelompokan dalam 3 level, yakni sebagai berikut:

1. Pond Quality

Kelompok ini adalah ikan yang didapatkan melalui proses penyortiran, dari breder koi, peternak koi, maupun toko ikan hias. Mayoritas ikan koi dibesarkan secara lokal dengan garis darah masih campuran. Selain itu, tidak ada juga catatan histori sebelumnya.

Kamu tidak dapat mengetahui siapa bredernya di level ini. Namun tidak menutup kemungkinan, kamu tetap bisa memperoleh ikan yang indah menarik. Biasanya, harga yang ditawarkan pada level ini cukup terjangkau, dan tidak digunakan untuk ikan kontes atau lomba.

2. Ornamental Quality

Di level ini, ikan koi sudah memiliki catatan garis darah yang kebenarannya dapat dipertanggung jawabkan. Selain warnanya yang indah, pada level ini tubuh ikan koi juga dapat dipastikan memiliki bentuk yang baik.

Namun, padfa level ini ikan koi juga tidak bisa digunakan dalam kontes lomba. Sebab pola warnanya umumnya tidak serasi, Meskipun terlihat menarik, biasanya pola warnanya banyak kesalahan sehingga terlihat tidak seimbang.

Ikan ini sangat cocok digunakan untuk indukan, dan harganya pun tidak semahal ikan koi untuk kontes.

3. Show Quality

Inilah level ikan koi yang sangat tepat dipilih untuk kontes. Secara umum kriteria koi jenis ini adalah sebagai berikut:

  1. Bentuk tubuh menarik menyerupai tropedo
  2. Warnanya berkjualitas dan cemerlang
  3. Sisiknya terlihat mengkilap
  4. Warnanya sangat merata
  5. Memiliki pola yang seimbang, dan
  6. Kiwanya tajam, serta batas antar warnanya tegas.

Demikian pembahasan mengenai cara memilih ikan koi untuk kontes dan ikan hias. Semoga informasi ini bermanfaat. Jangan lupa pantaui terus ikankoiblitar.com untuk mendapatkan informnasi menarik lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *