PakanTips

Cara Mencerahkan Warna Ikan Koi Secara Alami, Penting untuk Diketahui!

cara mencerahkan warna ikan koi

ikan koi Blitar – Cara mencerahkan warna ikan koi secara alami, yang aman dan mudah. Sangat penting untuk diketahui. Khususnya untuk Anda para pecinta koi. Sebab dengan warna yang cerah, maka ikan kesayangan akan semakin cantik.

Bagi para pelaku peternak, informasi ini juga tak boleh dilewatkan. Sebab warna yang cerah, adalah salah satu ciri ikan koi berkualitas. Tentu setiap orang ingin memelihara ikan berkualitas bukan?

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Warna Ikan Koi

Agar kita semakin memahami cara mencerahkan warna ikan koi. Sebaiknya pahami dulu faktor-faktornya. Setidaknya ada 5 faktor yang mempengaruhi warna ikan koi. Yakni chromatophores, kualitas air, background color, ganggang koi, dan juga suhu.

Hal yang sangat beperan terhadap warna ikan koi, salah satunya chormatophores. Letaknya berada di sel kulit ikan. Perannya sebagai pigmen penghasil warna, yakni melanin (hitam), xanthin (kuning), dan juga erythrin (pigmen merah).

Warna yang terdapat pada ikan koi, pada dasarnya merupakan gabungan diantara pigmen tersebut. Misalnya gabungan pigmen warna kuning dan hitam, menghasilkan warna ikan koi coklat. Sementara ikan koi warna orange, merupakan gabungan pigmen kuning dan merah.

Ikan yang pada sel kulitnya tidak memiliki chromatophores, maka warnanya akan putih atau albino.

Selain ditentukan kepadatan chromatophores, ketajaman warna ikan koi juga ditentukan letak pigmen tersebut.  kecerahan dan ketajaman warnanya sangat ditentukan letaknya. Semakin dekat dengan permukaan kulit, maka semakin bagus hasilnya.

Cara Mencerahkan Warna Ikan Koi Secara Alami

Dalam menghasilkan pigmen warna, ikan tidak disentetis sendiri. Namun didapatkan melalui makanan yang dikonsumsinya. Dengan inilah maka para breeder dapat mengatur pola kecerahan dan ketajaman, dari warna ikan koi.

Berikut hal-hal yang bisa dilakukan untuk mencerahkan warna ikan koi:

Memberikan Pakan Color Enhancher

Pakan color enhancher, dapat diberikan untuk meningkatkan kepadatan pigmen warna ikan koi. Jika ikan tidak diberikan jenis pakan tersebut. Maka bisa lebih pucat sehingga merusak keindahannya. Bahkan sebagus apa pun warna ikan. Jika pakannya tidak menambahkan unsur penguat pigmen, kualitasnya bisa turun.

Di alam bebas, pigmen warna didapatkan ikan koi dari makanannya. Misalnya saja seperti siput, udang, hingga ganggang. Pada kolam breeder,  Anda bisa menambahkan pigmen warna dengan pemberian pakan color enhancher.

Namun pemberian jenis pakan ini tidak berlebihan. Apalagi untuk jenis ikan koi kohaku.  Kandungan color enhancher berlebih, akan menjadikan pigmen erythrin terlalu kuat. Akibatnya warna putihnya dapat berubah menjadi merah muda. Hal ini tentu saja dapat merusak standar ikan jenis ini.

Jika hal itu terjadi, langkah terbaik menghentikan pemberian pakan tersebut. Yaitu hingga warna koi kembali seperti semula.

Sepanjang hidup ikan koi, jumlah chromathophores ini cendrung konstan. Semakin besar ikan maka pigmen warna ini makin berkurang.  Pengurangan ini disebabkan luas penampang tubuh ikan yang makin besar. Inilah alasan kenapa ikan koi yang sudah tua dan berukuran besar, ketajaman warnanya sedikit memudar.

Sel chromatophores merupakan sel yang bercabang. Dengan hal ini maka pigmen warna bisa berpindah, dan juga menyebar. Kemudian warna di pusat sel akhirnya pucat dan memudar.

Selain dipengaruhi pakan, chromatophores juga dipengaruhi background color, ganggang koi, suhu, dan kualitas air.

Pakan ikan koi yang bertujuan mencerahkan dan mencemerlangkan warna ikan koi adalah pakan yang banyak mengandung zat karoten. Ada banyak jenis pakan ini, misalnya saja seperti cacing rambut, cacing, darah, kutu air, jentik nyamuk, salmon, udang, kepiting, cabai hijau, semangka, kubis, sawi, wortel dan lain sebagainya.

Cara Mencerahkan Warna Ikan Koi dengan Kerapas Kepiting

Untuk mencerahkan warna ikan koi, salah satunya bisa dengan udang dan kerapas kepiting. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  • Rendam pelet ikan dalam air hangat selama 15 menit.
  • Giling kerapas kepiting dan kulit udang hingga halus.
  • Campur pelet, kerapasm dan kulit udang dengan perbandigan 8:1:1.

Kerapas kepiting dan kulit udang juga bisa dibuat pasta. Caranya setelah digiling halus tinggal ditambahkan kanji dan air.  Kukus dan simpan campuran bahan tersebut untuk kemudian diberikan sebagai pakan koi.

Anda dapat memberikan pakan ini setiap pagi dan sore hari. Dosisnya adalah 1/40 dari berat ikan. Misalnya saja ikan koi dengan panjang 30cm. Setiap pemberian pakan dapat diberikan dua butir pasta, seukuran kelereng.

Perhatikan Kualitas Air

cara mencerahkan warna ikan koi

Cara mencerahkan warna ikan koi berikutnya adalah memperhatikan kualitas air. Dengan air berkualitas kecerahan warna ikan semakin baik. Sebaliknya jika airnya kotor, maka dapat merusak warna ikan.

Air kolam yang tidak sehat, misalnya yang mengandung terlalu banyak amonia, nitrat, atau kotoran. Selain dapat memudarkan warna, juga dapat menimbulkan penyakit pada ikan koi.

Untuk menjaga kualitas air yang ada dalam kolam, bisa dilakukan dengan menjaga PH air, serta water hardness. Pada air yang lebih asam dan soft water, pigemen warna merahcendrung tersebar. Sementara warna hitam dapat menyebar pada  air yang mengandung alkali, maupun hard water air kolam.

Memperhatikan Background Color

Background color di sini maksudnya adalah warna dasar dari ikan itu sendiri. Pemberian zat tambahan pada air kolam. Seperti garam maupun pengobatan ikan, dapat membuat sel kulit berkonsentrasi menghasilkan pigmen warna lebih sedikit.

Pemberian antibiotik. Baik melalui air maupun disuntikan, juga bisa berpengaruh terhadap kecerahan warna ikan koi. Jagalah kesehatan ikan, sehingga tidak perlu dilakukan upaya perawatan, yang dapat menurunkan kecerahan warna ikan.

Jangan Lupa Berikan Ganggang Hijau

Ganggang hijau selain bisa menambah kesan alami kolam. Ternyata juga sangat baik untuk menjaga pigmen warna ikan koi. Hal ini karena nutrisinya sangat baik dan mendukung jika dikonsumsi.

Meski demikian, sebaiknya jangan berlebihan dalam memberikan ganggang hijau. Sebab bisa mengurangi nilai estetis kolam. Jika dilihat dari atas pemandangannya kurang indah. Sebab air kolam yang kaya ganggang bisa berubah hijau.

Sangat disarankan memberikan pakan alternatif pengganti ganggang. Selain nutrisi terpenuhi, kolam juga tetap tampil cantik.

Perhatikan Suhu Kolam

Memperhatikan suhu, juga merupakan salah satu cara mencerahkan warna ikan koi. Di musim dingin mayoritas ikan koi menunjukan warna terbaiknya. Namun pada musim panas justru sebaliknya. Di musim ini warna ikan koi cendrung memudar. Tentu saja dapat mengurangi keindahannya.

Untuk menghindari hal itu, maka Anda harus senantiasa menjaga suhu air kolam. Diantaranya dengan memperhatikan cahaya matahari yang masuk ke kolam.

Cahaya matahari juga sangat baik untuk mempertajam warna ikan koi. Namun jika kolam terlalu banyak mendapatkan sinar matahari, suhu air dapat meningkat. Jika hal ini terjadi, warna ikan pun bisa memudar karenanya.

Usahakanlah untuk mengatur pencahayaan matahari dengan optimal.

Demikian pembahasan mengenai cara mencerahkan warna ikan koi secara alami. Semoga ulasan singkat ini bermanfaat. Jangan lupa pantau terus ikankoiblitar.com untuk mendapatkan info menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *