Kolam

3 Cara Merawat Air Kolam Ikan Koi Agar Selalu Bersih dan Sehat!

Cara Merawat Air Kolam Ikan Koi

Jual ikan koi Blitar Super РCara merawat air kolam ikan koi, tentu adalah hal wajib yang harus dipahami kamu penghobi koi. Sebab kolam yang jernih, bersih, dan sehat, akan sangat mempengaruhi kehidupan koi yang dipelihara.

Selain dapat mencegah ikan dari serangan berbagai penyakit. Air kolam yang bersih, juga sangat mendukung terhadap pertumbuhan koi. Atas dasar itu, pembudidaya sangat harus memperhatikan ini. Tentu agar keuntungan yang diperoleh, bisa senantiasa maksimal.

3 Cara Merawat Air Kolam Ikan Koi

Kita semua tahu, air kolam adalah sarana dalam memelihara ikan. Ikan koi berkualitas, tentunya diawali oleh lingkungan berkualitas. Kualitas air lah penentu utamanya.

Kondisi air kolam juga sangat menentukan kualitas warna ikan. Air kolam yang kotor dapat merusak keindahan warna ikan koi. Selain menjaga kejernihannya, dalam hal ini kamu juga harus memastikan,  jika pH airnya selalu seimbang.

1. Menyortir Jumlah Ikan

Hal pertama yang harus dilakukan dalam menjaga kualitas air, adalah memastikan jumlah ikan yang dipelihara sesuai dengan ukuran kolam. Dengan hal ini, kandungan amonia akibat proses kotoran ikan dalam air masih dalam kondisi normal.

Menjaga kondisi air kolam ikan koi yang pertama dengan menyortir jumlah ikan koi yang anda pelihara disesuaikan dengan luas kolam, agar kandungan amonia dalam air kolam akibat proses kotoran koi tetap dalam ambang batas yang normal.

2. Gunakan Media Pendukung

Cara Merawat Air Kolam Ikan Koi

Perlu adanya berbagai media pembantu, sehingga kadar oksigen dalam kolam dapat memenuhi kebutuhan semua ikan dengan baik. Diantara media tersebut seperti filter untuk menjaga baik sirkulasi air, aerator, dan juga air terjun mini.

Pastikan kamu menggunakan filter kolam berkualitas, agar semua zat berbahaya dalam dapat tersaring. Dengan demikian air selalu bersih, dan ikan koi pun selalu sehat.

3. Gunakan Kolam yang Ideal

Dalam membuat kolam ikan koi, pastikan membuatnya dengan ideal. Buatlah kolam dalam tanah dengan desain terbaik, yang disukai.

Sebaiknya hanya 70% saja, dari luas kolam yang dijadikan kolam ikan. Sementara sisanya, digunakan sebagai ruang filter untuk menjaga kebersihan kolam dengan maksimal.

Agar suhu kolam senantiasa stabil, baik siang maupu hari. Buatlah kedalaman kolam antara 1 sampai 2 meter.

Kedalaman kolam yang baik, selain membuat koi merasa lebih aman dari gangguan, juga akan membuat pertumbuhannya menjadi lebih cepat.

Hal-Hal yang Harus Dihindari

Ada beberapa hal yang harus dihindari, agar kualitas air kolam senantiasa terjaga, yakni sebagai berikut.

  • Jangan membuat area mati dalam kolam ikan. Buatlah air terjun buatan dengan baik, agar tercipta sistem arus yang baik ke setiap sudut kolam. Dengan hal ini, maka pertumbuhan bakteri dapat dicegah.
  • Jangan membuat sudut 90 derajat di sudut-sudt kolam. Hal tersebut dapat menciptakan area mati. Agar air dapat mengalir sempurna, buatlah sudut lengkung pada setiap sisi kolam.
  • Pastikan kuras air secara berkala. Bila merasa ada zat berbahaya tercampur dengan air kolam, sebainya segera lakukan pengurasan total, untuk mengganti semua air dengan yang baru.
  • Pastikan pada bagian tengah kolam memilii kedalaman lebih. sehingga dapat membentuk sudut anatara 20-40 derajat, dengan kedua sisi kolam. Dengan hal ini maka kotoran koi lebih mudah dikontrol.

Tips Agar Air Kolam Senantiasa Jernih

Dalam cara merawat air kolam ikan koi, ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk menjaga kejernihan airnya. Adapun hal-hal tersebut, diantaranya adalah sebagai berikut:

Jangan lupa kolam ikan koi harus senantiasa menggunakan filter. Jaga kebersihan pipa filtert, serta kualitas pH air yang sesuai. Filter air sangat bermanfaat untuk menyaring berbagai kotoran. Baik dari sisa-sisa makanan, kotoran ikan, maupun lainnya.

Pastikan kolam mendapat sinar matahari yang cukup. Namun jangan sampai berlebihan, sebab dapat memicu tumbuhnya lumut. Seiring berjalannya waktu, tentu perlu diadakan pengurangan populasi ikan secara berkala.

Seperti diketahui, luas kolam akan selalu tetap. Sementara pertumbuhan ikan selalu bertambah. Hal ini tentu mengharuskan kita senantiasa menjaga kepadatan kolam. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan seperti, tidak terlalu memelihara ikan terlalu banyak, memiliki jumlah kolam lebih dari satu, membuat kolam berukuran besar.

Demikian pembahasan mengenai cara merawat air kolam ikan koi gar selalu bersih dan sehat. Semoga ulasan ini bermanfaat. Pantau terus ikankoiblitar.com untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.

One thought on “3 Cara Merawat Air Kolam Ikan Koi Agar Selalu Bersih dan Sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *