Ciri-Ciri Ikan Koi Sanke yang Bagus, Penting Diketahui Sebelum Membeli

Ciri-ciri ikan koi sanke yang bagus

ikan koi Blitar Super – Ciri-ciri ikan koi sanke yang bagus, tentu penting dipahamai sebelu kamu memutuskan membelinya. Dengan pengetahuan ini, kamu akan memiliki dasar sehingga lebih mudah mendapatkan ikan ko berkualitas super.

Ada banyak ikan koi sanke yang kami jual, rata-rata memiliki kualitas istimewa. Bagi yang ingin berbelanja langsung, tentu bisa datang ke Duta Koi Blitar. Namun bagi yang berada di luar kota, bisa memesan secara online melalui situs ini.

Selain berkualitas, kami juga memebrikan garansi pada ikan koi yang kami kirim. Garansinya gak tanggung-tanggung, yakni ganti ikan baru jika sampai tujuan ada yang mati. Buat kamu yang ingin tahu ciri ikan koi sanke berkualitas, silahkan simak artikel ini ya.

Ciri-Ciri Ikan Koi Sanke yang Bagus

Sanke adaah jenis ikan koi yang memiliki tiga komposisi warna pada tubuhnya. Ada pun ketiga warna tersebut adalah merah, putih, dan juga hitam.

Seperti kita tahu, berbagai jenis ikan koi dikelompokan juga berdasarkan klasifikasinya. Untuk koi sanke sendiri, masuk dalam klasifikasi Gosanke (Showa, Kohaku, dan Sanke).

Di Jepang, ikan ini dikenal juga dengan nama Taishio Sansoku. Kombinasi warna yang cantik, dengan bentuk tubuh indah, membuat siapa saja mudah untuk menyukainya. Bukan hanya itu, Sanke juga sering dimasukan dalam kategori utama pada kejuaraan kontes koi. Jadi tidak heran, jika banyak sekali para penggemar dari ikan jenis ini.

Ketajaman Warna Sangat Penting

Ciri-ciri ikan koi sanke yang bagus pertama, yang penting untuk diperhatikan adalah pada ketajaman warnanya. Semakin tajam warna merah dan putihnya, maka semakin bagus kualitas ikan tersebut. Pola hitanya harus hitam pekat dan tegas. Begitu pun untuk warna putih, putih bersih menyerupai salju.

Koi sanke pertama kali ditemukan di Ojiya City, di Nigata diantara burayak Kohaku, terlihat memiliki warna berbeda. sehngga akhirnya dikembangkan menjadi jenis koi ini. Dilihat dari genetikanya. Sanke adalah hasil persilangan antara Kohaku dan Shiro Beko, yakni koi putih yang di bagian atasnya terdapat spot hitam.

Jangan Sampai Keliru Memilih

Ciri-ciri ikan koi sanke yang bagus

Tak sedikit yang bingung, dalam membedakan antara Showa dan Sanke. Meski memiliki tiga perpaduan warna merah, putih, dan juga hitam. Namun pada ikan koi Sanke, presentase corak hitam yang dimilikinya lebih sedikit.

Dalam hal ini, ciri ikan koi sanke yang bagus memliki komposisi warna merah 70%, 20% warna putih, dan 10% warna hitam. Pola berwarna hitam ini tidak boleh ada bayangan, tapi harus legam dan juga tegas.

Dalam masa hidupnya, pola hitam pada ikan sanke bisa muncul dan juga menghilang. Dalam usia tertentu hingga finish, warna hitam ini tidak lagi akan muncul.

Hal yang sangat menentukan pembentukan pola hitam ini adalah kualitas air. Itulah salah satu alasan pentingnya menjaga kualitas air kolam.

Ada istilah yang sering digunakan, untuk mendeskripsikan pola hitam (Sumi) pada ikan sanke ini. Pola warna hitam koi sanke, yang letaknya berada di atas warna putih disebut Tsubo Sumi. Sementara jika munculnya di atas warna merah, disebutnya sebagai Kasane Sumi.

Perhatikan Bagian Kepala

Ciri-ciri ikan koi sanke yang bagus, juga dapat dilihat pada kepalanya. Idealnya pada kepala Sanke tidak ada warna hitam. Memiliki pola warna merah berbentuk U besar, yang tidak sampai turun pada bagian wajah.

Keindahan Sanke salah satunya karena keseimbangan warnanya. Jadi pastikan kamu memilih yang warnanya benar-benar seimbang. Contohnya bagian depan berwarna merah semua, dan warna hitamnya berada di belakang. Selain seimbang pada bagian warna depan dan belakangnya, keseimbangan warna juga harus ada pada bagian kanan dan kirinya.

Pola warna sanke yang ideal, adalah pola kohaku yang baik dengan penambahan spot hitam berimbang di beberapa bagiannya.

Seiring dengan perkembangan ikan koi, warna hitam yang dimilikinya biasanya juga akan ikut berkembang. Dalam usianya yang masih muda, kadang masih ada bagian warna hitamnya yang belum muncul. Namun seiring berjalannya waktu, warna tersebut akan muncul dengan sendirinya.

Jika kamu membeli ikan sanke dengan usia muda, sebaiknya jangan memilih yang memiliki terlalu banyak warna hitam.

Jangan lupa, perhatikan juga bagian siripnya. Ciri-ciri ikan koi sanke yang bagus, diantaranya dapat dilihat pada siripnya yang berwarna putih, atau putih dengan strip hitam. Namun pastikan tidak memilih sanke yang terlalu banyak warna hitam pada siripnya, sebab kemungkinan warna tersebut masih bisa berkembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.