Penyakit

Ini Ciri penyakit Kutu Ikan Koi dan Cara Mengobatinya, Penting untuk Diketahui!

Ciri penyakit Kutu Ikan Koi

Jual ikan koi Blitar – Penyakit kutu ikan koi selain membuat tidak nyaman, juga dapat mengganggu perkembangan ikan. Perlu pemahaman yang baik, agar selain dapat dicegah juga bisa segera diobati. Dengannya maka ikan akan senantiasa sehat. Pada dasarnya, kutu ikan adalah parasit.

Parasit ini masuk kedalam jenis penyakit Arguloida (Branchiura). Kutu bulat ini dibawa oleh ikan baru, yang dimasukan ke kolam langsung. Tanpa melalui proses karantina dulu.

Kutu bulat ini juga, bisa di akibatkan dari kondisi air yang tidak sehat. Terutama, karena tidak di campur dengan obat kutu.

Ciri penyakit Kutu Ikan Koi dan Cara Mengobatinya

Ciri penyakit Kutu Ikan Koi

Parasit atau kutu bulat, akan menempel erat pada bagian inang ikan koi. Selama menempel kutu bulat ini, akan menghisap cairan dari dalam darah ikan koi.

Tidak hanya menghisap cairan, kutu bulat ini juga akan memasukan racun, yang bisa mengakibatkan bagian tubuh ikan koi iritasi. Hal ini jika dibiarkan akan mengakibatkan infeksi bakteri.

Kutu bulat ini, biasanya menempel pada bagian-bagian ikan koi seperti : sekitar sirip, bagian tubuh sebelah bawah. Pada ikan koi yang sudah dewasa, kutu bulat ini banyak ditemui pada rongga mulut.

Gejala Klinis Serangan Kutu Bulat pada Ikan Koi

Pada ikan koi yang terkena infeksi, kutu bulat ini akan melakukan hal-hal berikut :

  • Berenang secara liar
  • Cenderung menggosokan badannya ke dinding dan dasar kolam (flashing)
  • Sering melompat ke permukaan kolam.
  • Akan muncul bekas luka pada bagian tertentu ikan koi, hal ini dapat terlihat jelas dengan adanya bekas gigitan
  • Ikan ko yang terkena kutu bulat, akan cenderung memisahkan diri dari kawanan.
  • Menyedniri di sudut kolam atau pancuran air.
  • Ikan koi akan kehilangan nafsu makan, dan terlihat sangat lemas
  • Pada kasus yang sudah sangat parah, ikan koi akan berdiam diri di dasar kolam dan tidak mau makan.

Cara Mengobati Penyakit Kutu Ikan Koi

Untuk pengobatan ikan koi yang terkena serangan kutu bulat, sangat mudah. Kamu bisa melakukanya sendiri dirumah. Berikut cara sederhana untuk mengobati penyakit kutu ikan koi.

Yang pertama, kamu bisa memanfaatkan pinset untuk mengambil kutu yang menempel di badan ikan koi. Cara ini bisa kamu lakukan jika terdapat kurang dari 3-4 kutu bulat saja.

Selanjutnya, kamu bisa menambahkan Diflubenzuron, takaranya sekitar 1 ppm per 1000 Liter air.

Setelah itu berikan Metrifonate takaranya sekitar 0,3 – 0,7 ppm

Tambahkan juga sedikit Dylox takaranya sekitar 5-10 ppm

Terakhir, kamu bisa menggunakan Trichlorfon dengan dosis 0,2 – 0,5 ppm.

Pengobatan ikan koi diatas bisa kamu lakukan jika ikan koi yang terkena hanya 1-3 ekor, kamu bisa melakukanya di bak karantina yah! Tapi jika ikan koi yang terinfeksi hampir satu kolam, pengobatan bisa kamu lakukan di kolam langsung dan itu disarankan sekali.

Tips Mencegah Kutu Ikan Koi

Sangat penting untuk memahami cara pencegahan kutu ikan ini. Dengan hal ini, ikan koi kesayangan Anda bisa senantiasa terbebas dari kutu ini Ada pun beberapa cara pencegahannya, adalah sebagai berikut:

Lakukan karantina terhadap ikan koi yang baru datang. Jangan lupa gunakan obat kutu.

Berikan ikan obat kutu secara reguler setiap tiga bulan sekali. Untuk mencegah serangan kutu, tambahkan setiap bulan Abate 1 gr per 1000 liter air sebulan sekali.

Dengan melakukan proses pencegahan secara continu, dapat memberikan dampak positif terhadap setiap perkembangan ikan. Penyakit kutu ikan koi pun, dapat diminimalisir dengan sangat baik. Akhirnya selain dapat berenang seperti biasa, ikan koi kesayangan pun bisa berkembang biak.

Demikian artikel dari saya, tentang ciri penyakit kutu ikan koi dan cara mengobatinya! Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *