Kolam

7 Desain Kolam Ikan Koi Minimalis, Sederhana dan Indah Memukau!

Jual ikan koi Blitar РDesain kolam ikan koi minimalis, tentunya informasi sangat menarik untuk kamu pecinta koi. Keindahan rumah maupun tempat kerja juga akan semakin lengkap, dengan hadirnya kolam ini.

Selain karena keindahannya, ikan koi juga dipercaya dapat mendatangkan keuntungan bagi penghuni rumah. Jadi jangan heran, jika kolam ikan koi sederhana makin banyak disukai pemilik rumah.

Namun, perlu sebuah komitmen dalam memelihara ikan koi. Diantaranya menyiapkan kolam ikan koi yang layak.

Perhatikan Kualitas Air

Memperhatikan kualitas air kolam sangatlah penting. Cara menghitung kebutuhan airnya adalah tiap 1 inci ikan, berbanding dengan 10 galon air bersih.

Ini bukan tanpa alasan, ikan koi dapat hidup lama, bila berada di kolam dengan kualitas dan kebersihan air yang terjaga.

Selain volumenya, Ph air kolam juga harus diperhatikan. Pengecekan Ph air harus dilakukan, baik sebelum maupun sesudah ikan dimasukan. Adapun pH air yang ideal, untuk ikan koi adalah sekitar 7.

Apabila Ph airnya lebih dari 7, dapat memicu timbulnya bahaya racun amonia pada ikan. Penting untuk diketahui, pH dapat turun drastis menjadi 5.5, diakibatkan karena bakteri, tanaman, hingga aktivitas ikan itu sendiri.

Jika dibiarkan ini sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup ikan koi.

Merancang Desain Kolam Ikan Koi

Sebelum membahas desain kolam ikan koi minimalis, ada baiknya kita pahami perancangan dari kolam ikan itu sendiri.

Dalam membuat kolam untuk ikan koi, umumnya ada tiga bentuk dasar. Lingkaran (elips), persegi, dan juga bebas.

Untuk kolam ikan koi formal, yang berada di ruamgan untuk keperluan resmi, bentuk kolam yang umumnya digunakan berbentuk persegi.

Lain halnya untuk rumah informal, mewah, elegan, maupun bergaya tradisional, biasanya memilih menggunakan desain kolam  berbentuk lingkaran.

Sementara desain kolam ikan koi bergaya bebas, sangat cocok digunakan pada tempat-tempat wisata, serta penginapan seperti hotel maupun villa.

7 Desain Kolam Ikan Koi Minimalis untuk Rumah

1. Kolam dengan Batu Alam

Rumah akan tampak semakin asri dengan kolam berbahan batu alam ini. Sekali pun ukurannya kecil, tapi tetap terlihat menarik.

Sangat disarankan menggunakan batu alam berwarna hitam. Dengan ini, maka lumut tidak terlalu mengganggu tampilannya.

2. Kolam Berbentuk Lingkaran

Desain Kolam Ikan Koi Minimalis

Desain kolam ikan koi minimalis berikutnya, yang berbentuk lingkaran. Tampilan kolam ini semakin menarik, dengan dindinya yang berbahan kaca transparan.

Sebagai informasi, pembuatan kolam di luar ruangan sebenarnya dapat memicu perkembangan lumut dan ganggang.

Namun sinar matahari manfaatnya sangat baik untuk ikan koi. Diantaranya dapat memicu perkembangan ikan agar lebih maksimal.

3. Desain Kolam Setengah Lingkaran

Kolam setengah lingkaran, sangat cocok untuk kamu yang tidak memiliki lahan cukup luas, atau ukuran rumahnya sangat mungil.

Tampilannya akan selaras, serasi dan semakin indah, jika dipadukan dengan tempat duduk bermaterial kayu di pinggir kolamnya.

4. Kolam Koi di Dalam Rumah

Desain Kolam Ikan Koi Minimalis

Desain ini sangat cocok digunakan, oleh kamu yang memiliki lahan belakang rumah cukup luas.

Kolam ikan koi minimalis persegi dengan air mancur di atasnya, tentu akan membuat suasana alami makin terasa. Selain indah, pemberian batu-batu kecil di dalam kolam, akan membuat ikan semakin nyaman.

5. Kolam dengan Bekas Bathtub

Desain Kolam Ikan Koi Minimalis

Kolam desain minimalis jenis ini, tentu dapat kamu buat sendiri di rumah. Bahannya pun sangat sederhana, kamu bisa menggukan bekas bathub besi milikmu.

Selain menambah keindahan tampilan depan rumah, tampilan uniknya semakin terlihat istimewa.

Agar lebih fresh sebaiknya tambahkan juga beberapa tanaman hijau di atasnya.

6. Desain Kolam Ikan Koi Sederhana

Desain Kolam Ikan Koi Minimalis

Desain kolam minimalis ini, bisa dinikmati keindahannya dari berbagai sudut pandang. Bentuknya yang kotak, semakin serasi dengan desain keramik kotak-kotak di dalamnya.

Untuk memperindah penampilannya, kamu bisa menambahkan air terjun kecil pada bagian atasnya.

Dengan demikian, rumahmu semakin indah, unik, dan juga menarik.

7. Desain Kolam Ikan Koi Minimalis

Desain Kolam Ikan Koi Minimalis

Tentunya desain kolam terakhir ini juga sangat berkesan. Kamu dapat mengaplikasikan jembatan batu besar di dalamnya.

Pijakan kaki yang diposisikan tak beraturan, selain lebih menarik juga makin tampak lebih estetik.

Pada selah-selah kolam, kamu dapat membuat ornamen air mancur, sehingga tampilannya yang minimalis makin terlihat cantik.

Setelah memiliki kolam ikan menarik, pastikan kamu memiliki ikan koi berkualitas. Kamu bisa datang ke Duta Koi Blitar untuk mendapatkannya.

Bagi yang jauh, kamu juga bisa memesannya melalui situs ini. Selain berkualitas dan terjangkau, kami juga melayani pemesanan dan pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia. Garansi ganti ikan baru, jika setelah sampai tujuan ada ikan mati.

Semoga pembahasan mengenai desain kolam ikan koi minimalis ini, bermanfaat dan bisa menginspirasi. Jangan lupa share ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *