Penyakit

Macam-Macam Penyakit Jamur pada Ikan Koi dan Cara Mengobatinya

jamur pada ikan koi

ikan koi Blitar – Memahami berbagai macam penyakit jamur pada ikan koi, sangatlah penting dipahami. Baik bagi kamu para pembudidaya, maupun kamu yang hanya sekedar hobi dalam mengoleksinya. Dengan pengetahuan yang memadai, hal-hal negatif bisa diminimalisir. Terutama akibat telatnya penanganan.

Penyakit jamur pada ikan koi ini, bisa terjadi karena kondisi kolam yang kotor. Akibatnya banyak sekali parasit yang tumbuh, dan meggangu kesehatan ikan koi. Hal ini pula yang mengakibatkan banyak sekali,  para peternak ikan koi yang gulung tikar.

Jika tidak ditangani dengan baik hingga terlambat, penyakit jamur bisa menyebabkan ikan koi mati. Kamu tentu tidak ingin hal itu terjadi bukan? Baca sampai habis artikel ini. Semoga dengannya, kamu bisa segera bisa mengatasi masalah ini jika sampai mengalaminya.

Penyakit Jamur pada Ikan Koi dan Cara Mengatasinya

jamur pada ikan koi

1. Kapas Putih

Penyakit ini di akibat oleh sejenis jamur saprolegnia. Jamur ini hidup dalam air kolam yang kotor.

Yang mengerikan dari penyakit jamur ini, adalahbisa hidup pada tubuh ikan koi yang terluka, dan akan tumbuh subur jika kandungan dalam air kolam, memiliki bahan organik yang tinggi.

Cara Mengobati

Untuk mengobatinya, kamu bisa menggunakan larutan garam dapur dengan takran 1,5 – 2,5 %. Setelah selesai membuat larutanya, kamu bisa langsung membilas ikan koi dengan larutan garam dapur tadi.

Jika jamur ini tumbuh pada bagian badan koi yang terluka, kamu bisa menggunakan obat merah yang di oleskan ke bulu ayam.

Jangan menggunakan kapas, karena bisa meninggalakan sisa kapas pada luka koi. Setelah selesai, kamu bisa membilas ikan koi dengan larutan monofuracin.

2. Jamur mulut

Jamur ini biasanya timbul dengan warna putih pada bagian mulut. Penyakit ini di akibatkan dari infkesi jamur exibactercolumnaris.

Cara Mengobati

Cara megobatinya, kamu perlu memindahkan ikan koi yang terinfeksi ke dalam bak karantina, yang sudah di isi denga air bersih, dan di campur garam dapur sebanyak 10% dari jumlah air.

Untuk penyakit jamur yang satu ini, mungkin kamu mengkonsultasikan lebih dalam ke orang – orang yang aktif, dalam menanganinya. Tentu saja agar tidak salah langkah dalam pengobatan.

3. Jamur Batang Insang

Ciri awal dari penyakit ini adalah adanya bercak putih pada sekitar mulut ikan. Dimana jika dibiarkan bisa cepat menyebar ke seluruh tubuh.

Bahkan jika sampai terlambat, jamur ini dapat merambat pada daerah insang. Parahnya lagi jika sampai insang ikan membusuk, tentu ia akan mati.

Cara Mengobati

Sebelum terlambat, sebaiknya segera lakukan pengobatan jika melihat ciri-ciri di atas.

Caranya siapkan terlebih dahulu 10 liter air. Kemudian campur dengan satu sendok teh Aureomycin dan 0.1 green F. Lalu rendam pada larutan tersebut.

Pastikan mengobatinya dalam wadah khusus, sehingga tidak menularkan pada ikan lainnya yang masih sehat.

Kamu juga dapat memberikan larutan green dengan dosis 60 g/M3. Masukan obat ke air, sebelum akhirnya disusul ikan yang sakit. Biarkan selama 10 hingga 15 menit. Beberapa hari kemudian, biasanya jamur tersebut akan hilang semua.

4. Bintik Putih ( White Spot).

Penyakit ini menyerang ikan koi yang hidup dalam akurium, biasanya menyerang bagian-bagian ini :

  • Ekor, dan
  • Kepala

Penyakit ini disebabkan oleh infkesi protozoa jenis Ichchyophthirius multifilis.

Cara Mengobati

Untuk mengobatinya, kamu mungkin perlu meningkatkan air di akuarium dengan cara menambahkan metheline Blue sebanyak ½ gram per 1000 liter.

5. Penyakit lumpur

Penyakit yang menyerang ikan koi ini, biasanya terjadi karena kamu terlalu berlebih memberi maknan yang berpotein tinggi. Sementara suhu air kolam rendah.

Hal ini mengakibatkan iritasi pada kulit ikan, dan rentan sekali terinfeksi bakteri.

Cara Mengobati

Kamu bisa melarutkan garam dapur sebanyak 10% ,dari total jumlah air yang ada di kolam. Bisa juga menggunakan beberapa tetes merchurochrome, dengan di campur aureomycin sebanyak satu sendok teh.

Campuran ini, nantinya akan di campurkan kembali dengan pakan ikan koi.

Disarankan, selama masa penyembuhan ikan koi, sebaiknya hanya diberikan pakan kubis atau bisa juga selada, yang bisa mengembalikan fungsi lambung dari ikan koi.

Untuk mencegah berbagai penyakit jamur pada ikan koi, kamu harus senantiasa menjaga kualitas air kolam. Pastikan keadaannya selalu bersih.

Jangan lupa hindari pemberian makan berlebih. Berbagai sisa makanan akan membuat air kolam cepat kotor, karena ia akan mengendap. Pastikan juga sudah menggunakan filter kolam ikan koi sesuai prosedur.

Demikian pembahasan mengenai macam-macam jamur pada ikan koi, dan cara mengatasinya. Semoga postingan ini bermanfaat. Jangan lupa pantau terus ikankoiblitar.com, untuk mendapatkan informasi terbaik lainnya. Jika membutuhkan ikan koi berkualitas, bisa memesannya di sini atau melalui Duta Koi Sejahtera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *