Jenis

10 Jenis Ikan Koi Termahal, Tampilannya Indah Memukau!

harga-Ikan-koi-termahal
harga ikan koi termahal

Ikan Koi BlitarJenis ikan koi termahal merupakan informasi menarik bagi para pecinta koi. Memiliki koleksi terbaik tentu dambaan semua orang. Salah satu penentu kualitas biasanya dapat dilihat dari harga jualnya.

Aquarium yang dimiliki akan semakin membuat susana ruangan terasa mendamaikan. Keindahan yang terpancar dari setiap warnanya, menghadirkan susana syahdu nan alami.

Tak heran, jika ikan koi banyak dikoleksi. Baik di rumah, kantor dan lainnya. Bahkan tak sedikit fasilitas layanan kesehatan yang turut mengoleksinya.

Anak-anak biasanya sangat senang melihat keindahan ikan koi yang melenggak lenggok indah. Baik di aquarium maupun kolam ikan. Pasien yang mengantri pun akan sedikit terhibur dengan adanya ikan koi yang menarik.

 

10 Jenis Ikan Koi Termahal dan Populer

Selain di Indonesia ikan  koi juga populer hampir di semua negara. Keunikan dan keragamannya, menjadi alasan banyak orang sangat menyukainya. Jangan heran jika harga jual ikan ini bisa sangat mahal.

Bagi Anda yang saat ini sedang berencana membeli ikan koi, berikut kamu berikan rekomendasi 10 ikan koi termahal dan populer.

1. Black Dragon

Tentu ada banyak hal yang bisa kita lakukan dengan uang miliaran rupiah. Membeli mobil mewah hingga keliling dunia, sangat dimudahkan dengan jumlah uang tersebut.

Luar biasanya ada jenis ikan yang harganya selangit, salah satunya ikan koi black dragon. Bagi yang sangat menyukainya, harga tentu bukanlah sesuatu yang bisa menjadi penghalang.

Apalagi ikan koi ini sangat jarang ditemukan di dunia sehingga sangat langka, dan sedikit jumlahnya.

Tubuhnya yang sempurna tanpa cacat, dihiasi corak warna yang unik membuatnya menjadi yang terbaik dari jenis ikan koi lainnya.

Ketika Momator farm mengadakan lelang ikan koi di Jepang, ikan koi jenis ini dihargai hingga Rp2,9 miliar. Angka yang sangat fantastis untuk seekor ikan. Indah namun bernyawa

2. Maruten Kohaku

maruten kohaku

Jenis ikan koi termahal berikutnya yang kita bahas adalah Maruten Kohaku. Pada tahun 2010 lalu, dalam ajang pelelangan ikan koi di Niigata, Jepang. Jenis ikan ini terjual dengan harga milyaran.

Penamaan maruten sendiri berasal dari bahasa Jepang, jika dialih bahasakan artinya mahkota. Penamaan ini dikarenakan adanya corak yang menyerupai mahkota, yang berada pada bagian kepala jenis ikan ini.

Corak tersebut dapat berwarna hitam maupun merah untuk semua jenis koi semisal sanke, show, maupun kohaku.

Marutan Kohaku dapat dinilai berkualitas tinggi jika bentuknya bulat menyerupai telur. Apabila mahkotanya memiliki warna merah terang, maka pada kulit tubuhnya  akan terlihat seperti memiliki bendera Jepang.

3. Kohaku

kohaku

Bukan hanya black dragon yang dihargai hingga miliaran, Kohaku juga merupakan jenis ikan koi yang dihargai fantastis. Pada tahun 2020 lalu, dalam ajang pelelangan Koi Nigata, Jepang, jenis ikan ini terjual dengan harga Rp1,1 miliar.

Ikan koi jenis ini sendiri asalnya dari para peternak ikan koi yang ada di Jepang. Banyak yang tertarik untuk memelihara ikan ini, karena selain elegan warnanya juga sangat cantik.

Warna ikan koi kohaku cukup beragam.  Ada yang memiliki warna hitam, merah, putih, dan ada juga yang berwarna merah putih.

4. Blue Showa

Jenis ikan koi termahal berikutnya adalah blue showa.  Ikan jenis ini juga pernah terjual dengan harga Rp700 juta di Jepang, yakni pada sebuah pelelangan ikan koi di Farm Dainchi Koi.

Memiliki corak yang begitu indah dan unik. Kelebihan lain  jenis ikan koi blue showa juga sangat cepat dalam hal pertumbuhan. Ketika mendekati usia satu tahun ukurannya dapat mencapai 40cm.

5.  Ginrin Showa

Ginrin Showa

Ginrin Showa adalah salah satu jenis ikan koi termahal. Dalam sebuah pelelangan ikan jenis ini pernah terjual dengan harga sekitar Rp425 jutaan.

Selain bentuknya yang indah dan menarik, prestasi yang ditorehkannya pun menjadi nilai tersendiri.Selama mengikuti kompetensi Supereme Championship Nasional di Jepang, Ginrin Shoa tercatat sebagai pemenangnya.

Jenis ikan Ginrin Showa keluar sebagai pemenang selama 4 tahun berturut-turut. Adapun tahun-tahun tersebut yakni 1976, 1977, 1979, serta tahun 1980.

6. Dainichi Showa

danichi showa

Dainchi Showa memiliki tubuh dengan corak yang sangat unik. Tak heran jika harganya sangat mahal, dan memikat para pecinta koi untuk dapat memilikinya.

Sekali pun tidak dalam pelelangan, jenis ikan koin ini hanya bisa dimiliki orang-orang tertentu. Harga pasarannya yakni sekitar Rp100 juta untuk satu ekornya.

7. Sanke

sanke

Ikan Koi Sanke merupakan salah satu jenis ikan koi termahal. Ciri khas dari ikan koi terbaik ini adalah warna hitamnya yang lebih dominan. Ada juga warna variasai berupa merah dan juga putih.

Kelebihan lainnya yang menakjubkan terletak pada pola coraknya yang abstrak.  Jenis ikan koin Sanke dijual dengan harga sekitar Rp 20 juta per ekornya.

8. Bekko

bekko kou

Bekko adalah salah satu jenis ikan koi termahal yang unik. Keunikan tersebut terletak pada tubuhnya yang tidak memiliki corak warna putih. Jika ada pun hanyalah sedikit.

Ikan koi bekko memiliki variasi warna beragam.  Mulai dari kuning hitam, oranye hitam, merah hitam, dan juga silver hitam. Setelah dewasa ukuran ikan ini bisa mencapai 80cm. Di pasaran jenis ikan koi bekko di jual sekitar Rp10 jutaan.

 9. Asagi

Asagi

Asagi memiliki corak berwarna silver kehitaman dari pangkal ekor hingga ujung kepala. Pada bagian sirip dan kepalanya, didominasi warna putih, kuning, dan merah.

Bentuknya yang unik dan indah membuat banyak pecinta koi yang mengaguminya. Dibanding jenis ikan koi termahal di atas, Asogi memiliki harga yang cukup terjangkau.  Harga setiap ekor koi kasogi adalah sekitar Rp5 jutaan.

10. Tancho

kan koi tancho

Tancho merupakan jenis ikan koi yang masuk pada golonggan spsesies kohaku. Dalam kelompok tersebut, Tancho adalah jenis ikan koi yang sangat populer.

Masyarakat Jepang pun sangat menghormati ikan ini. Salah satunya karena berbagai cerita legenda yang dimiliki ikan koi tancho ini.

Ciri-ciri yang sangat mendasar ikan koi tancho berada pada bagian kepalanya. Adanya titik merah yang menyerupai gambar bendera Jepang, menjadikannya begitu sangat istimewa di negeri tirai bambu. Tidak ada satu pun titik merah tersebut ada pada jenis koi lainnya.

Setelah mengetahui jenis ikan koi termahal di atas, apakah Anda tertarik untuk memiliki salah satunya?

Keindahan, hobi, dan lainnya terkadang memang tidak bisa dinilai dengan materi. Namun saat Anda memutuskan untuk membelinya, pastikan memahami terkait cara merawatnya dengan sangat baik.

Sebagus apa pun suatu produk dan lainnya. Jika tanpa perawatan yang baik maka akan menjadi kesia-siaan. Selain dapat menghilangkan keistimewaannya akan membuat kerugian yang tidak sedikit.

Semoga pembahasan mengenai 10 jenis ikan koi termahal ini bermanfaat. Pantau terus website ini untuk mendapatkan berbagai informasi terbaru seputar ikan koi lainnya.