Pakan

Jenis Pakan Ikan Koi, Cara Membuat dan Memberikannya

jenis-pakan-ikan-koi

Jual ikan koi Blitar – Jenis Pakan ikan koi harus Anda pahami. Dengan mengetahuinya, maka ikan koi yang dimiliki senantiasa hidup dengan baik. Sama seperti manusia. Ikan koi juga membutuhkan gizi dan nutrisi yang cukup.

Sifatnya yang omnivora. Membuat kita bisa memberikannya makan berupa tumbuhan, maupun hewan kecil.

Jenis Pakan Ikan Koi

Dalam pemeliharaannya. Makanan ikan bisa berupa pakan alami maupun buatan. Beberapa pakan koi, diantaranya bisa terbuat dari sayuran, buah, hingga roti.

Makanan alami paling disukai ikan koi adalah cacing.  Ulat juga merupakan salah satu sumber protein. Bagus untuk ikan. Sehingga bisa dijadikan sebagai pakan alami.

Ikan ini juga terbiasa mengkonsumsi tumbuhan alga. Semangka dan jeruk, merupakan contoh buah-buahan yang disukai koi.

Saat baru pertama kali diberikan. Biasanya ikan koi tidak akan memakan buah dan sayur. Namun setelah sering dilatih, mereka akhirnya menjadi terbiasa.

Hindari memberikan pakan berupa biji-bijian. Misalnya seperti jagung dan kacang polong. Keduanya tidak dapat dicerna, sehingga cukup berbahaya bagi ikan.

Di samping memenuhi gizi yang cukup. Pakan ikan koi juga harus terjaga kualitasnya. Pakan yang kadaluarsa, karena terlalu lama dalam penyimpanan, tidak baik untuk koi. Hal ini karena pakan ikan dapat mengalami proses oksidasi. Bisa berakibat buruk bagi kesehatan ikan koi.

Selain memperhatikan tanggal kadaluarsa, sebaiknya beli pakan seperlunya. Usahakan menyimpannya tidak lebih dari tiga bulan.

Cara Membuat Pakan Koi Sendiri

jenis-pakan-ikan-koi

Jenis pakan koi yang berkualitas, diantaranya adalah yang alami. Pakan jenis ini tentu dapat kita buat sendiri.

Salah satunya menggunakan udang kecil. Berikut langkah-langkah membuat pakan koi alami ini.

  1. Siapkan udang kecil, bawang putih, wortel, telur, vitamin C, dan agar-agar.
  2. Campur semua bahan, tambahkan sedikit air. Kemudian haluskan dengan blender.
  3. Sembari menunggu halus. Buat aroma yang memikat menggunakan pelet ikan. Anda tinggal memasukan pelet kedalam air panas. Kemudian ditaburi bubuk agar-agar.
  4. Selanjutnya tinggal mencampurkan kedua adonan. Tunggu sampai dingin.
  5. Untuk memudahkan ikan memakan. Potong kecil-kecil adonan seukuran cacing alami.
  6. Campur pakan alami tersebut, dengan pakan lain yang biasa Anda berikan.

Jangan Lupa Tambahkan Probiotik

Selain pakan di atas. Jenis pakan ikan koi alami,  yang bisa kita berikan dengan mengaplikasikan bahan probiotik. Jenis pakan ini, dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh ikan. Dan mempercepat pertumbuhannya.

Untuk membuatnya, Anda tinggal mencampur pakan alami, di atas dengan bahan probiotik. Cukup merendamnya secara bersamaan, kemudian tambahkan juga vitamin C.

Hal ini dapat meningkatkan kandungan nutrisi pakan. Sebab selama proses perendaman, memicu tumbuhnya mikroorganisme baru. Yang kaya nutrisi penting untuk ikan koi.

Ada banyak jenis pakan ikan koi, yang ada di pasaran. Pakan pelet, umumnya ada diberbagai toko pakan ternak. Toko ikan hias, dan lain sebagainya.

Pemberian Pakan untuk Anakan Koi

pakan-anakan-ikan-koi

Selain harus memahami, berbagai penyebab penyakit pada ikan koi. Cara pemberian pakan juga harus dipahami. Terutama untuk anakan ikan koi.

Seperti kita tahu, setelah menetes selama makismal 5 hari. Anakan masih memiliki cadangan makanan, di dalam tubuhnya. Yakni berupa kuning telur.

Setelah itu, anakan selanjutnya dipindahkan ke kolam. Terutama yang banyak mengandung pakan alami. Dengan alasan lebih mudah dipelihara. Biasanya penghobi memelihara ikan setelah usianya 1 bulan.

Perhatikan Kandungan Pakan

Dalam memberikan pakan, harus menyesuaikan ukuran ikan. Ikan koi yang masih kecil. Bisa diberi pakan palet berukuran 250 mikron.

Palet yang diberikan bisa menyesuaikan fungsinya. Misalnya saja memilih palet untuk pertumbuhan. Maupun mencerahkan warna ikan.

Untuk membuat warna ikan semakin kontras. Anda juga bisa memberikan pakan alami. Ada banyak jenis pakan ini. Terutama yang memiliki kandungan karotin. Misalnya saja seperti cacing, kepiting, ganggang, kubis, dan juga tomat.

Untuk membuat daya tahan tubuh koi, semakin kuat dari penyakit. Anda bisa memberikannya pakan, dengan kandungan probiotik.

Jika ingin membuat sisik ikan semakin shiny, Anda bisa memberikan palet ikan. Terutama yang memiliki kandungan spirulina. Salah satu produk impor yang sangat terkenal, yakni Hikari Spirulina.

Jenis pakan ikan koi yang berkualitas, diantaranya yang memiliki kandungan protein cukup. Palet ikan yang mengandung what germ. Dapat membuat kulit ikan makin putih.

Wheat germ, juga mengandung protein tinggi. Sangat bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan ikan. Terutama pertumbuhan bulat memanjang.

Roti salah satu jenis makanan, yang memiliki karbohidrat tinggi. Pastikan hati-hati dalam memberikannya. Sebab bisa menyebabkan kegemukan, pada ikan kesayangan Anda.

Tips Memberi Pakan

Memberikan pakan dengan tepat. Sangat baik untuk kesehatan maupun pertumbuhan ikan. Sebaiknya teliti dalam memberi pakan. Jangan terlalu menghambur-hamburkannya.

Selain mubajir karena tidak dimakan. Pemberian pakan terlalu banyak, juga dapat mengotori air. Bahkan jika sampai berubah menjadi amoniak, akan berubah bersifat racun.

Ikan koi tidak memiliki perut seperti halnya kita. Ia cendrung mengkonsumsi makan, secara berlebihan. Jika tidak jeli dalam memberi makan. Apalagi tanpa pengawasan. Kekenyangan berpotensi menyebabkan kematian, ikan koi dengan cepat.

Takaran Pemberian Pakan

Untuk ikan koi dewasa, proporsi jumlah pakannya hanya 2%, dari bobot tubuhnya. Sementara untuk ikan kecil. Bisa sampai 5% dari berat tubuhnya.

Usahakan memberi pakan ikan, takarannya sesuai dengan jumlah ikan. Dalam sekali pemberian pakan, tidak disarankan ada sisa.

Jumlah pakan harus di atur. Agar kurang dari 5 menit setelah pemberian, semua pakan telah habis dikonsumsi.

Ikan yang terlalu banyak makan, akan menghasilkan feces yang lebih banyak pula. Hal ini dapat membuat kolam menjadi cepat kotor.

Selain tidak sehat. Juga dapat menyebabkan ikan tidak nyaman, stress, hingga mati.

Dalam merubah jenis pakan utama koi. Sebaiknya dilakukan secara bertahap. Perlahan-lahan mengurangi porsi pakan lama.  Dan menggantinya dengan pakan baru. Ikan koi akan sulit beradaptasi, jika perubahan dilakukan secara tiba-tiba.

Pemberian pakan, sangat berpengaruh terhadap keindahan warna ikan koi. Pakan yang baik, umumnya mengandung vitamin, mineral, protein, karbohidrat, dan juga lemak.

Anda juga harus memperhatikan pemberian pakan. Terutama dengan kandungan serat tinggi, contohnya seperti buah dan sayur.

Jika terlalu banyak. Akan menyebabkan sisa, yang dapat mengotori kolam. Bahkan juga bisa menutup saluran pengeluaran, lobang pipa-pipa, maupun lubang kipas, yang ada di dalam kolam.

Jika itu terjadi. Sebaiknya segera lakukan langkah pembersihan.

Penutup

Gunakan hati dalam melakukan apa pun. Termasuk dalam merawat ikan koi. Berlebih-lebihan dalam memberikan pakan. Disamping tidak baik untuk koi, juga bisa meningkatkan pengeluaran.

Jangan lupa share, agar semakin banyak yang merasakan manfaatnya. Dan kami pun, semakin semangat dalam berkarya. Jika ada pertanyaan, silahkan bisa menggunakan kolom komentar.

Semoga pembahasan mengenai jenis pakan koi ini bermanfaat. Pantau terus situs ini untuk update info penting lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *