KolamTips

7 Manfaat Memelihara Ikan Koi di Rumah yang Jarang Disadari

manfaat memelihara ikan koi di rumah

Jual ikan koi Blitar Super – Manfaat memelihara ikan koi di rumah. Ternyata bukan hanya sekedar hobi, atau hiasan semata. Rasa nyaman juga akan terasa, ketika kita melihat ikan berwarna warni ini berenang. Baik di kolam maupun aquarium.

Pada dasarnya, ikan koi sendiri adalah ikan mas yang berasal dari Jepang. Bentuk tubuh yang dipadukan dengan warna indah. Membuat masyarakat Indonesia, juga banyak yang mengoleksinya.

Di Negeri Sakura tersebut, setidaknya ada 174 jenis ikan koi. Namun hingga saat ini, yang dikenal hanya beberapa jenis saja. Seperti ikan koi kohaku, sanke, dan juga showa.

7 Manfaat Memelihara Ikan Koi di Rumah

Tidak salah, jika Anda memiliki niat memelihara ikan koi. Terdapat beragam manfaat yang bisa didapatkan, ketika memeliharanya di rumah. Adapun manfaat-manfaat tersebut sebagai berikut:

1. Bagian dari Hobi yang Bisa Mendatangkan Keuntungan

Mengoleksi beragam jenis ikan koi sesuatu yang menyanangkan. Dengan memelihara di kolam rumah, ia bisa dijadikan teman bermain. Baik oleh anak-anak sekali pun orang dewasa.

Selain jinak, ikan koi juga senang berinteraksi dengan manusia. Terlebih jika ia sedang makan.

Perawatan ikan koi juga terbilang mudah. Sehingga tidak perlu keterampilan khusus. Kolam nya pun tidak memerlukan biaya tinggi. Baik dalam pembuatan maupun pemeliharaannya.

Selain lingkungan rumah semakin sehat. Kolam ikan juga bisa mengajarkan anak tanggung jawab. Salah satunya dalam hal perawatan. Maupun menjaga kebersihan kolam.

Jika Anda sangat menyukai ikan koi. Ini juga dapat dijadikan ladang bisnis. Diantaranya dengan budidaya maupun jual beli. Ada banyak ikan koi dijual harga tinggi. Mulai ratusan ribu hingga miliaran rupiah.

Semakin sering Anda memelihara, maka akan semakin mahir dalam hal budidaya. Keterampilan ini sangat penting. Khususnya untuk menunjang banyak penghasilan.

2. Mendekatkan Diri dengan Alam

manfaat memelihara ikan koi di rumah

Hiruk pikuknya perkotaan dengan segala aktivitasnya. Tak jarang menjauhkan kita dari kedamaian. Nuansa alami, merupakan sarana efektif untuk membuat hati dan pikiran nyaman.

Memiliki kolam ikan koi di rumah. Akan membuat Anda dan keluarga bisa berinteraksi dengan alam, kapan pun. Terlebih lagi jika di sekitar rumah, terdapat tenaman dan pepohonan yang rindang.

Melihat ikan berenang sembari memberinya makan. Akan membuat angin sepoi-sepoi terasa lebih nikmat. Kupu-kupu hingga burung pun, tak sungkan berkunjung ke kolam tersebut. Hal ini tentu membuat suasana rumah semakin menyenangkan.

3. Manfaat Memelihara Ikan Koi untuk Mengurangi Stres

Manfaat memelihara ikan koi, salah satunya dapat mengurangi stress pikiran. Baik karena masalah, pekerjaan, maupun kepenatan .

Ketika rasa jenuh atau beban pikiran datang. Akan sangat tepat jika Anda melihat ikan koi di kolam. Memberinya makan, mendengarkan gemericik air kolam maupun aquarium. Membuat pikiran lebih tenang.

Apalagi jika kolam di desain dengan sangat menarik. Ada kursi di dekatnya sehingga bisa semakin nyaman. Mendengarkan lagu kesukaan, ditemani segelas teh hangat. Ikan koi pun senantiasa terasa semakin menghibur.

4. Mengobati Pikun

Siapa yang ingin menjadi orang pikun? Tentu setiap orang ingin bisa menghindarinya. Ketika seseorang mengalami penyakit ini. Daya ingat dan kemampuan mengatasi masalahnya bisa menurun.

Bayangkan, ketika Anda siap berangkat ke kantor untuk rapat penting. Tiba-tiba lupa menyimpan kunci kendaraan. Tentu akan sangat menghambat aktivitas.

Kabar baiknya, dengan melihat ikan koi dengan rutin. Bermanfaat untuk mengatasi penyait alzheimer. Ini merupakan salah satu penyakit sejenis pikun.

Hal ini karena gerakan ikan koi yang gesit. Selain menghibur juga membuat kita lebih mudah berpikir. Disadari atau tidak, hal tersebut dapat membuat kualitas daya ingat meningkat. Dari segi psikis, melihat ikan koi juga membuat keadaan penderita Alzheimer, menjadi lebih baik.

5. Bermanfaat untuk Penderita Autis

Manfaat memelihara ikan koi di rumah, ternyata cukup beragam. Bahkan salah satunya untuk pederita autis. Penyakit yang mayoritas diderita pada usia anak ini, terjadi akibat terganggunya komunikasi dan iteraksi sosial seseorang.

Setiap orang tua pasti ingin memiliki generasi terbaik, sebagai penerus perjuangan. Berbagai upaya dilakukan, demi menjadikan anak sebagai orang berkualitas.

Bagi yang memiliki anak autis, jangan berkecil hati. Sebab ada banyak cara untuk mengatasinya. Salah satu cara mudah adalah dengan memelihara ikan koi.

Ikan koi sangat baik untuk terapi anak selama di rumah. Ia akan membantu keadaan emosi anak menjadi normal kembali.

6. Rumah Semakin Terlihat Indah dan Menarik

manfaat memelihara ikan koi di rumah

Banyak orang yang memelihara ikan koi di rumah, hingga tempat usaha. Salah satunya karena dapat menambah estetika, dan memperindah tempat tersebut, oleh karena itu pemiliknya pun akan semakin terlihat berwibawa.

Keindahan ikan koi akan semakin terasa. Dengan desain kolam dan tata letaknya yang mendukung. Selain bermanfaat untuk estetika rumah. Taman rumah pun akan semakin bermakna karenanya.

Menariknya lagi, kolam ikan koi juga dapat menambah nilai jual rumah tersebut. Jika tidak percaya, silahkan bisa membuktikannya. Dengan bertanya pada agen real estate. Lebih penting dari itu, dapat menambah nilai bagi pemilknya. Baik dari segi wibawa hingga kepercayaan diri.

7. Ikan Koi Membawa Keberuntungan

Bukan informasi baru, jika seekor ikan koi dapat dijual dengan harga pantastis. Tempat penjualannya pun beragam. Mulai dari toko ikan hias hingga pelelangan elit.

Salah satu alasan harga ikan koi begitu luar biasa, adalah karena mitos yang dibawanya. Salah satu mitos yang sangat tertanam kuat. Dapat mendatangkan keberuntungan bagi yang memeliharanya.

Banyak masyarakat percaya, memiliki ikan koi di rumah akan membuat pemiliknya selalu beruntung.

Salah satunya karena umurnya bisa sampai 200 tahun. Memiliki warna beragam, jinak hingga lemah lembut.

Dari segi penulisan Jepang, kata koi sendiri memiilki dua makna sekaligus. Makna pertama untuk ikan, sedangkan yang kedua artinya sempurna atau murni.

Berdasarkan kepercayaan tersebut. Manfaat ikan ini kemudian ditentukan berdasarkan warna yang dimilikinya. Misalnya saja seperti warna ikan koi berikut ini:

  • Hitam dipercaya mendatangkan kesuksesan dalam berusaha
  • Putih dipercaya meningkatkan kedudukan sosial baik dalam berkeluarga maupun karier.
  • Merah dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan dalam hal asmara.
  • Emas dipercaya dapat mendatangkan kekayaan dan juga kesejahtraan.
  • Perak dipercaya dapat mendatangkan kesuksesan usaha.

Jika dalam kepercayaan Jepang, ikan koi dapat mendatangkan keberuntungan sesuai warnanya. Lain halnya dengan kepercayaan Feng Shui, yang melihat hal tersebut berdasarkan jumlahnya.

Kepercayaan Feng Shui percaya. Jika Anda memelihara ikan koi dalam jumlah ganjil, maka dapat mendatangkan keberuntungan. Jadi Anda bisa memelihara ikan dalam jumlah 3, 5, 7, 9 dan seterusnya.

Demikian pembahasan mengenai manfaat memelihara ikan koi di rumah. Semoga bisa menambah informasi, dan semangat Anda dalam mengoleksi ikan koi.

Apa pun yang dilakukan dengan hobi, tentu akan sangat menyenangkan. Sejuta manfaat dapat kita rasakan, jika melakukan segala seuatunya dengan penuh suka cita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *