Mengapa Koi dan Ikan Mas Begitu Mirip?

Mengapa Koi dan Ikan Mas Begitu Mirip?

Ikan Koi Blitar Murah – Ketika Anda membandingkan koi dengan ikan mas, banyak orang kesulitan membedakan mereka, dan ada alasan untuk kesamaan ini. Baik ikan koi maupun ikan mas adalah keturunan ikan mas jadi mereka sebenarnya adalah kerabat jauh. Ikan mas jauh lebih tua dari ikan koi. Ikan mas dikembangkan di Cina lebih dari 1.000 tahun yang lalu sementara ikan koi hanya menghiasi kolam kita sejak tahun 1820-an. Koi dan ikan mas menunjukkan persamaan dan perbedaan warna, bentuk tubuh, dan umur mereka.

Warna Ikan

Dalam hal warna, koi dan ikan mas sangat mirip. Kedua jenis ikan ini menampilkan warna oranye, merah, hitam, putih, dan kuning, bahkan keduanya menampilkan kombinasi warna tersebut. Namun, ikan koi menunjukkan variasi warna yang lebih besar daripada ikan mas. Ikan koi bisa berwarna oranye, merah, hitam, putih, kuning, atau biru dengan banyak versi metalik. Kemiripan kemungkinan besar karena nenek moyang mereka yang sama, yaitu ikan mas. Tetapi karena peternak koi menginginkan ikan yang lebih berwarna, lebih banyak dikembangkan sementara peternak ikan mas fokus pada pembentukan tipe tubuh yang diinginkan.

Bentuk Tubuh

Perbedaan terbesar antara ikan koi dan ikan mas adalah bentuk tubuhnya. Ikan mas memiliki bentuk tubuh yang bermacam-macam tergantung dari jenis ikan mas, tetapi biasanya lebih lebar dan berbentuk bulat seperti telur. Ikan koi di sisi lain sempit dan berbentuk seperti torpedo tidak peduli jenis koi yang Anda amati. Ikan mas memiliki ekor terbelah dan sirip punggung sementara koi terhubung. Beberapa ikan mas juga memiliki mata melotot sementara tidak ada jenis ikan koi yang memiliki sifat tersebut.

Baca Juga: Mengapa Membangun Sistem Berkelanjutan dengan Koi Aquaponics?

Perbedaan yang paling mencolok antara ikan ini adalah perbedaan ukurannya. Rata-rata ikan koi tumbuh hingga dua puluh dua sampai dua puluh lima inci panjangnya, tetapi bisa tumbuh sampai lebih dari empat kali panjangnya. Ikan mas biasanya hanya tumbuh sekitar empat inci panjangnya tetapi bisa tumbuh sekitar satu kaki jika diberi ruang yang cukup. Bentuk tubuh yang berubah secara drastis ini kemungkinan besar sangat menurunkan umur ikan mas.

Umur

Umur ikan koi dan ikan mas sangat berbeda. Meskipun ikan koi dan ikan mas mencapai kematangan ketika mereka berusia dua hingga tiga tahun, jumlah tahun mereka hidup setelah itu bervariasi. Umur rata-rata ikan mas adalah lima sampai sepuluh tahun dengan ikan mas tertua yang tercatat berumur empat puluh tiga tahun. Umur rata-rata ikan koi adalah dua puluh lima hingga tiga puluh lima tahun, lebih dari dua kali lipat harapan hidup ikan mas, dan ikan koi tertua yang diketahui hidup adalah hingga usia 226 tahun yang mengesankan.

Meskipun koi dan ikan mas berbagi nenek moyang yang sama, mereka berkembang biak menjadi sangat berbeda, namun mereka memiliki beberapa ciri yang sama. Koi dan ikan mas memiliki warna yang mirip, tetapi bentuk tubuh dan umur mereka sangat berbeda.

Apakah Anda memiliki hobi memelihara ikan koi ataupun ingin berbisnis budidaya ikan koi? Hubungi kami sekarang juga di Duta Koi Sejahtera. Duta Koi Sejahtera adalah tempat jual ikan koi Blitar murah, terbaik dan terpercaya. Anda bisa menghubungi kami langsung via WhatsApp atau langsung menuju ke lokasi kami yang berada di Modangan, Nglegok, Blitar, Jawa Timur.

Leave a Reply

Your email address will not be published.