Mengapa Membangun Sistem Berkelanjutan dengan Koi Aquaponics?

Mengapa Membangun Sistem Berkelanjutan dengan Koi Aquaponics?

Jual Ikan Koi Blitar – Kolam koi dianggap sebagai cara paling tenang dan menyenangkan untuk menggunakan ruang halaman belakang Anda. Sebagian besar penghobi koi tidak mempertimbangkan bagaimana menggunakan kolam mereka secara lebih efektif. Untuk kesehatan ikan sekaligus untuk keuntungan pribadi mereka dengan menggunakan aquaponik.

Apa itu aquaponik?  Aquaponik secara resmi didefinisikan sebagai, kombinasi dari dua proses pertumbuhan utama yang bekerja secara harmonis untuk menghasilkan satu sistem yang mandiri. Ini adalah kombinasi hidroponik, proses menumbuhkan tanaman yang dapat hidup dalam cairan, tanpa nutrisi tambahan dari tanah, dengan nutrisi yang dihasilkan dari kotoran ikan koi. Bersama-sama, proses ini menciptakan pakan alami bagi tanaman.

Aquaponik adalah kegiatan yang berkelanjutan, sehat, dan menyenangkan bagi keluarga. Jika dibandingkan dengan pertanian tradisional, aquaponik membutuhkan air 90% lebih sedikit. Ini adalah metode yang sangat berkelanjutan untuk menghasilkan makanan di rumah dengan sedikit biaya. Akuaponik juga jauh lebih sehat daripada metode pertanian normal. Karena tanaman bisa mendapatkan nitrogen dari bakteri di dalam air. Bukan dari pupuk di tanah yang sarat dengan bahan kimia untuk memberikan efek yang sama.

Berlatih aquaponik adalah cara yang menyenangkan bagi semua orang di keluarga untuk keluar, belajar tentang pertumbuhan makanan berkelanjutan dan menikmati halaman Anda. Tetapi apakah koi pilihan yang baik untuk digunakan dalam sistem aquaponik Anda? Mari kita selami lebih dalam lagi kolam pengetahuan ini!

Bisakah Anda Menggunakan Koi untuk Aquaponik?

Meskipun ada banyak spesies ikan yang dapat digunakan dalam aquaponik, kami yakin koi adalah yang paling ideal karena berbagai alasan. Koi telah dibiakkan selama berabad-abad menjadi permata hidup seperti sekarang ini. Hanya dalam dekade terakhir, orang-orang menyadari potensi mereka untuk digunakan dalam aquaponik. Koi juga menawarkan sumber nutrisi yang bagus. Karena mereka terus-menerus memakan berbagai pakan dan mengeluarkan nutrisi berkualitas tinggi untuk pertumbuhan tanaman yang luar biasa.

Baca Juga: Kenali Penyakit Mycobacteria pada Ikan Koi Kesayangan Anda

Kami menyarankan Anda untuk menggunakan koi muda dalam sistem aquaponik Anda, karena lebih mudah ditangani dan menghasilkan lebih sedikit limbah daripada koi yang lebih besar dan dewasa. Jika Anda berencana untuk menggunakan aquaponik dengan kolam yang penuh dengan koi dewasa, pastikan tidak terlalu banyak menghasilkan limbah untuk bakteri. Tentunya dengan sering memeriksa kejernihan dan parameter air kolam, terutama di awal proyek.

Alasan Utama Mengapa Koi Sangat Bagus Untuk Sistem Aquaponik

1. Kisaran Suhu Air yang Luas

Meskipun koi berkembang biak pada suhu antara 40 dan 70 derajat Fahrenheit, mereka cocok dalam suhu air antara 35 dan 80 derajat. Sedikit atau tanpa pemanasan air akan dibutuhkan untuk menjaga koi tetap sehat, tidak seperti banyak spesies lain yang juga dapat digunakan untuk aquaponik.

2. Limbah

Koi menghasilkan lebih dari jumlah limbah yang cukup untuk diubah oleh bakteri bagi pertumbuhan tanaman. Koi juga senang diberi makan sejumlah kecil makanan beberapa kali sepanjang hari sehingga menghasilkan limbah yang lebih konsisten. Koi adalah spesies terbaik untuk menciptakan nutrisi dalam sistem akuakultur seperti amonia, magnesium, dan kalium yang semuanya penting untuk pertumbuhan tanaman yang sehat.

3. Pakan

Koi memiliki usus yang sangat panjang sehingga mampu mengkonsumsi dan mengubah berbagai macam makanan menjadi nutrisi. Tidak seperti spesies lain, mereka dapat memakan materi tanaman, pakan koi, dan bahkan alga di dalam air. Ini menurunkan biaya pakan Anda, dan memungkinkan koi untuk makan dan menghasilkan limbah bermanfaat setiap saat.

4. Resistensi terhadap Penyakit

Koi tahan terhadap penyakit, yang diamati dalam kemampuannya untuk berkembang dalam berbagai kualitas air dan suhu air. Jika koi Anda terserang penyakit, Anda harus menggunakan pipa bypass atau memutuskan tempat tumbuhan Anda dari sirkulasi air, sehingga tanaman tidak menerima apapun dari makanan obat koi.

5. Kisaran pH yang Luas

Meskipun Anda selalu ingin menjaga kolam koi Anda dalam kisaran pH yang wajar, ada baiknya koi hidup dalam kisaran pH yang ideal untuk aquaponik.

Apakah Anda memiliki hobi memelihara ikan koi ataupun ingin berbisnis budidaya ikan koi? Hubungi kami sekarang juga di Duta Koi Sejahtera. Duta Koi Sejahtera adalah tempat jual ikan koi Blitar super, terbaik dan terpercaya. Anda bisa menghubungi kami langsung via WhatsApp atau langsung menuju ke lokasi kami yang berada di Modangan, Nglegok, Blitar, Jawa Timur.

Leave a Reply

Your email address will not be published.