Mengenal Jenis Ikan Koi Showa Sanshoku yang Unik

Mengenal Jenis Ikan Koi Showa Sanshoku yang Unik

Jual Ikan Koi Blitar Super – Ikan koi Showa Sanshoku adalah salah satu gosanke atau tiga besar bersama dengan ikan koi Kohaku dan Taisho koi. Showa Sanshoku muncul pada tahun1927. Seorang peternak bernama Jukichi Hoshino menyilangkan Kohaku (warna putih dan merah) dengan ki utsuri (kuning dengan garis hitam). Showa tidak cukup populer karena warna merah dan putihnya yang sedikit kusam. Baru pada tahun 1960-an ketika peternak lain, Tomiji Kobayashi, memasangkan Showa-nya dengan Kohaku yang memiliki warna merah yang lebih intens. Yang kemudian menghasilkan Showa yang lebih menarik yang sekarang dikenal sebagai Kobayashi Showa.

Showa Sanshoku diterjemahkan menjadi dua bagian makna. Yang pertama, Showa, mengacu pada nama kaisar yang berkuasa dari tahun 1901 hingga 1989 ketika garis koi ini pertama kali dikembangkan. Yang kedua, Sanshoku, dipecah menjadi “san,” bahasa Jepang untuk “tiga”, dan “shoku” berarti “warna,” jadi ini mengacu pada warna putih, merah, dan hitam koi. Showa hanyalah singkatan dari nama koi ini, dan itulah yang paling sering disebut. Meskipun semua Showa harus memiliki kulit hitam (disebut Sumi) yang dilapisi dengan tanda merah hingga merah-oranye (Hi) dan putih (Shiroji) di atasnya, ada banyak jenis Showa yang mencakup berbagai jenis pola.

Varietas Showa Menurut Tanda pada Tubuh

1.    Hi Showa

Hi Showa didominasi warna merah, dengan cukup banyak Sumi yang terlihat dan sangat sedikit. Jika ada putih, yang merah semuanya harus saling berhubungan, seperti pulau-pulau besar.

2.    Kindai Showa

Kindai Showa didominasi oleh warna putih (40% atau lebih) yang semuanya terhubung. Jumlah Hi dan Sumi dapat bervariasi.

3.    Showa Gaya Lama

Showa Gaya Lama adalah salah satu garis keturunan Showa asli. Showa ini sebagian besar berwarna hitam dengan sedikit warna putih, dengan warna sekunder merah. Standar tipikal yang harus dilalui adalah 40% atau lebih hitam, 40% atau kurang merah, dan 20% atau kurang putih.

Baca Juga: Kenali Penyebab Hilangnya Warna pada Ikan Koi dan Solusinya

4.    Kin Showa

Kin Showa dapat memiliki salah satu pola di atas, tetapi memiliki kilau emas metalik.

5.    Gin Rin Showa

Mirip dengan Kin Showa, tetapi kilau metalik lebih ke warna perak. Koi dengan kombinasi keduanya dikenal sebagai kin-gin-rin, yang diterjemahkan kira-kira menjadi “sisik emas dan perak”.

6.    Ai Showa

Showa yang memiliki bintik biru atau indigo tua di seluruh tubuh.

Varietas Showa Menurut Tanda di Kepala

1.    Maruten Showa

Koi dengan pola ini memiliki bintik merah di kepalanya yang disebut “mahkota”. Ada juga bercak merah lainnya di bagian tubuh lainnya, dengan pola yang bervariasi. Merah, putih, dan hitam juga bisa ada di mana saja di tubuh.

2.    Tancho Showa

Artinya “matahari merah”, Tancho Showa memiliki satu tanda merah di atas kepala mereka, dengan warna putih di bagian kepala dan tubuh lainnya. Sumi bisa ada dimana saja, bahkan di dalam titik merah sekalipun.

3.    Maruten

Koi dengan pola ini memiliki bintik merah di kepala yang disebut “mahkota”. Ada juga bercak merah lainnya di bagian tubuh lainnya, dengan pola yang bervariasi. Pola hitam khas Sanke koi dapat ditemukan di mana saja di punggung, di bagian merah atau putih.

4.    Menware & Hachiware Showa

Menware mengacu pada pola Sumi berbentuk pencahayaan yang biasanya membentang dari pangkal kepala ke hidung atau mulut. Hachiware adalah nama yang diberikan untuk pola Sumi yang membentang dari insang ke insang di pangkal kepala. Itu juga dapat membentuk pola V atau Y yang meluas ke wajah.

Apakah Anda memiliki hobi memelihara ikan koi ataupun ingin berbisnis budidaya ikan koi? Hubungi kami sekarang juga di Duta Koi Sejahtera. Duta Koi Sejahtera adalah tempat jual ikan koi Blitar super terbaik dan terpercaya. Anda bisa menghubungi kami langsung via WhatsApp atau langsung menuju ke lokasi kami yang berada di Modangan,Nglegok, Blitar, Jawa Timur.

Leave a Reply

Your email address will not be published.