Pakan

6+ Pakan Ikan Koi dari Tumbuhan, Mudah Didapat dan Menyehatkan!

Pakan Ikan Koi dari Tumbuhan

ikan koi Blitar Murah – Pakan ikan koi dari tumbuhan selain mudah didapatkan, tentunya sehat untuk dikonsumsi. Ada banyak jenis tumbuhan yang bisa digunakan untuk pakan ikan koi, diantaranya yang akan dijelaskan pada artikel ini.

Kami telah memilih contoh pakan dari tumbuhan, yang bagus untuk dikonsumsi ikan kesayanganmu.

Seperti diketahui pakan yang bagus, adalah yang dapat merangsang pertumbuhan ikan, menjaga kesehatan, hingga meningkatkan warna ikan koi.

6+ Pakan Ikan Koi dari Tumbuhan

1. Daun Kelor

Daun kelor tentunya sangat mudah didapatkan, sebab biasanya ada banyak di sekitar persawahan. Jika ingin menanamnya juga sangat mudah, kamu tinggal memotong dahannya kemudian menancapkannya ke tanah. Bisa juga dimasukan ke dalam pot berisi arang.

Cek saja di Google terkait kandungan daun kelor ini. Setelah mengetahuinya pasti kamu akan tercengang, dan semangat menanamnya.

2. Kedelai

Pakan ikan koi dari tumbuhan yang kami rekomendasikan berikutnya, adalah kedelai.

Dengan mengkonsumsinya, kebutuhan protein ikan koi bisa terpenuhi. Sehingga dapat menyimpan fosfolipid dan trigiserida, yang merupakan bagian vital pada dinding sel.

Kedelai juga mengandung asam lemak esensial. Jika ikan kekurangan zat ini, maka bisa mengganggu kesehatan hati dan jantung, bahkan bisa membuat siripnya jadi rusak.

3. Ganggang

Tentunya kamu sering melihat adanya tumbuhan ganggang hijau, di dasar kolam bukan?

Tumbuhan ini sangat baik juga loh jika dikonsumsi ikan koi. Hal ini karena ganggang hijau memiliki banyak karoten. Fungsi karotem ini, selain dapat menjaga warna ikan koi, juga dapat mempengaruhi pigmentasi merah.

Namun kamu harus memastikan, bahwa ikan tidak terlalu banyak mengkonsumsi ganggang hijau. Kandungan karoten yang terlalu banyak apalagi dengan konsentrasi tinggi, dapat menghasilkan pigmen putih pada ikan koi. Jadi ikan bisa berubah warnanya menjadi merah muda.

4. Jeruk

Apakah kamu termasuk orang yang sangat menyukai jeruk? Selain banyak disukai manusia, buah-buahan ini juga sangat disukai koi loh.

Buah jeruk memiliki kandungan nutrisi dan vitamin tinggi yang amat dibutuhkan ikan koi. Bagi ikan yang sebelumnya belum pernah diberi pakan buah-buahan, tentu harus dilakukan adaptasi lebih dulu. Caranya tentu dengan memberikannya secara bertahap.

5. Selada Air

Selada air sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan ikan koi. Hal ini karena tumbuhan ini sangat kaya akan serat.

Namun kita tidak bisa memberikannya secara berlebihan. Setidaknya kita bisa memberikannya setiap seminggu sekali.

6. Bayam dan Kangkung

Bayam dan kangkung adalah dua sayuran yang sering dikonsumsi masyarakat kita. Kedua sayuran ini, juga sangat baik jika dikonsumsi ikan koi.

Sama seperti selada air, bayam dan kangkung juga kaya akan serat, sehingga bisa menjaga kesehatan pencernaan ikan. Jika sampai kekurangan serat, kotoran ikan akan nampak berlendir.

Kekurangan serat, selain mengganggu kesehatan pencernaan juga dapat menurunkan nafsu makan. Dampaknya tentu saja daya tahan tubuh bisa menurun, sehingga ikan koi rentan terkena penyakit.

Kedua sayuran ini, juga mengandung astaxanthin (pigmen warna merah), dan lutein (pigmen warna kuning). Namun dibandingkan warna merah, keduanya memiliki pigmen warna kuning lebih banyak.

Aturan Pemberian Pakan Koi

Pakan Ikan Koi dari Tumbuhan

Dalam memberikan pakan harus ada pertimbangan. Terutama dari segi ukuran, jenis, takaran, hingga waktu pemberian pakan. Pemberian pakan yang salah, selain bisa menghambat pertumbuhan ikan, juga bisa merusak keindahan warnanya.

Perhatikan Volume Pemberian Pakan

Dalam pemberian pakan, pastikan takarannya pas. Jika berlebihan dapat meninggalkan sisa, sehingga pakan dapat mengendap dan mengotori air kolam.

Hal ini juga berakibat pada feses atau kotoran ikan, semakin banyak. Akibatnya kotoran tersebut terlalu lama mengendap, dan kemudian menjadi busuk. Parahnya lagi, jika kotoran tersebut terus dibiarkan, dapat menghasilkan zat amonia yang dapat meracuni ikan.

Sekali pun kolam ikan telah dilengkapi filter, tapi endapan akan masih tetap tersisa di dasar kolam. Hal ini tentu semakin membebani kerja filter. Namun sebaliknya, jika pakan terlalu sedikit, ikan bisa kekurangan nutrisi sehingga tubuhnya kurang proporsional.

Pakan Anakan Ikan Koi

Pemberian pakan untuk anakan juga harus sesuai. Jika ingin informasi lengkap, kamu bisa sekalian belajar langsung ke Duta Koi Sejahtera Blitar.

Sebagai gambaran, anakan koi berumur kurang dari setahun. Dengan panjang badan antara 15-15 cm, dengan bobot 50 s/d 110 gram. Dapat diberikan pakan sebanyak 5% dari berat tubuh ikan koi setiap harinya.

Demikian pembahasan mengenai pakan ikan koi dari tumbuhan. Semoga ulasan ini bermanfaat dan menambah pengetahuan, terutama bagi pemula. Jangan lupa share ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *