Panduan Perawatan Ikan Koi Blitar dalam Kolam

Panduan Perawatan Ikan Koi Blitar dalam Kolam

Ikan Koi Blitar – Ikan koi adalah ikan yang paling umum dan terkenal untuk dipelihara dalam kolam di luar ruangan. Di Jepang yang merupakan tempat pertama ikan koi dibesarkan, ikan koi sangat dihargai bahkan menjadi subjek mitos dan banyak karya seni. Apakah Anda sedang bersiap untuk memelihara ikan koi dalam kolam? Simak panduan dari Duta Koi Sejahtera ikan koi Blitar berikut ini untuk merawat ikan koi yang sehat dan berumur panjang.

Sekilas Tentang Ikan Koi

Ikan koi adalah variasi dari ikan mas (Cyprinus carpio). Koi yang diperlihara dan dirawat dengan baik bisa hidup sampai 50 tahun. Mereka suka membentuk kelompok dengan anggota 5 sampai 15 ikan koi yang akan berenang dalam setiap bagian kolam Anda. Panjang ikan koi dapat mencapai tiga kaki, terdapat dua duri di kedua sisi rahang, memiliki moncong bundar dan rahang yang ompong. Koi memiliki warna yang mencolok, biasanya berwarna putih atau perak dengan sisik dan bintik-bintik warna-warni. Bintik ini bisa berwarna, merah, emas, oranye, hitam bahkan biru tua tergantung pada jenisnya. Duta Koi Sejahtera ikan koi Blitar menyediakan bermacam jenis ikan koi untuk kolam ikan Anda.

Pengaturan Kolam Ikan Koi

Kolam ikan koi Anda harus mempertahankan suhu antara 74-86 derajat Fahrenheit sepanjang tahun. PH kolam Anda harus dijaga antara 6-9. Anda bisa menggunakan batu kapur yang dihancurkan untuk air kolam Anda yang dapat membantu menjaga pH air dalam kolam. Buatlah kolam ikan koi dari beton dengan lapisan karet dan substrat dasar berlumpur. Lengkapi kolam ikan dengan tanaman air luar ruangan yang indah namun tidak merusak ekosistem alami pada kolam. Tanaman yang baik untuk kolam antara lain eceng gondok, bunga lili, cattails, teratai dan banyak lagi. Anda juga dapat menanam pohon yang rindang di sekitar kolam untuk memberi keteduhan.

Koi membutuhkan setidaknya 250 galon air. Sebuah kolam ikan koi besar membutuhkan hingga 1.000 galon air. Kolam ikan koi Anda harus memiliki kedalaman minimal 6 kaki. Koi adalah ikan yang tidak akan memangsa ikan lain. Anda dapat menjadikan ikan mas sebagai teman dari ikan koi di dalam kolam. Dapatkan ikan koi bagus berkualitas dari Duta Koi Sejahtera ikan koi Blitar.

Baca Juga: Cara Memilih Ikan Koi Blitar Super yang Dijual dan Sangat Bagus

Perawatan Ikan Koi

Koi rentan terhadap virus herpes yang fatal. Koi Herpesvirus atau KHV adalah virus menular yang menyerang semua jenis ikan mas. Setelah ikan terinfeksi ada kemungkinan 80 persen ikan akan mati. KHV dapat dicegah dengan memeriksa kesehatan ikan koi yang baru akan dimasukkan dalam kolam secara cermat. Ikan koi baru harus dikarantina hingga 2 minggu sebelum Anda masukkan dalam kolam Anda. Penyakit dan parasit lain yang menyerang ikan koi antara lain kutu ikan, ich dan penyakit ulseratif lainnya. Anda harus membersihkan kolam dan memeriksa filter setiap 2 hingga 4 minggu secara rutin untuk menjaga ikan koi agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit.

Makanan Ikan Koi

Di alam liar, ikan koi dikenal mempunyai nafsu makan yang besar. Mereka adalah omnivora yang memakan biji dan tumbuh-tumbuhan, alga, zooplankton dan serangga. Mereka tidak memangsa ikan lain tetapi mungkin memakan telurnya. Di kolam, makanan terbaik untuk ikan koi mencakup campuran makanan alami dan komersial. Makanan komersial apa pun yang Anda berikan harus tinggi protein.

Apakah Anda memiliki hobi memelihara ikan koi ataupun ingin berbisnis budidaya ikan koi? Hubungi kami sekarang juga di Duta Koi Sejahtera. Duta Koi Sejahtera adalah tempat jual ikan koi Blitar super terbaik dan terpercaya. Anda bisa menghubungi kami langsung via WhatsApp atau langsung menuju ke lokasi kami yang berada di Modangan, Nglegok, Blitar, Jawa Timur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *