Pelajari Tentang Amonia dan Cara Menurunkannya Di Kolam dan Akuarium

Pelajari Tentang Amonia dan Cara Menurunkannya Di Kolam dan Akuarium

Jual Ikan Koi Blitar Murah – Amonia di kolam dan akuarium adalah masalah umum saat memelihara ikan koi. Stres dan keracunan amonia sering kali menjadi penyebab utama kematian dan penyakit ikan saat memeliharanya di kolam atau akuarium. Peningkatan amonia biasanya merupakan penyebab adanya wabah parasit atau bakteri yang dapat menekan dan melemahkan ikan sehingga lebih rentan terhadap patogen di dalam air.

Untungnya, ikan koi cukup tangguh dan dapat menahan kadar amonia rendah selama beberapa hari tanpa efek samping. Tetapi kadar amonia dapat naik ke tingkat yang berbahaya dengan cukup cepat dan menyebabkan masalah kesehatan dan kematian ikan yang serius. Amonia adalah produk limbah utama ikan. Ini diekskresikan terutama melalui insang mereka dan pada tingkat yang lebih rendah sebagai urin. Bisa juga berasal dari tumbuhan yang membusuk, alga mati atau atau hewan lain di dalam kolam. Dapatkan ikan koi berkualitas di Duta Koi Sejahtera tempat jual ikan koi Blitar murah.

Di kolam atau akuarium dengan kadar amonia tinggi, ikan akan sering menjadi kurang aktif dan menggantung di permukaan air sambil terengah-engah di dekat air terjun atau filter. Jika diamati ikan biasanya menunjukkan kemerahan pada kulit dan kerusakan pada insangnya. Tanda lainnya seperti kehilangan selera makan, sirip menempel di dekat tubuh, dan lapisan lendir berlendir berlebih. Kadar amonia rendah dapat membuat ikan lebih rentan terhadap infeksi bakteri dan parasit. Sedangkan kadar yang tinggi akan merusak insang dan menyebabkan pembengkakan bahkan kerusakan serius pada struktur insang. Insang tidak hanya untuk bernafas, tetapi juga untuk pembuangan kotorannya. Hal tersebut tentu mengurangi kemampuan insang untuk berfungsi dengan baik dan membuatnya lebih rentan terhadap infeksi.

Amonia ada di semua kolam dan akuarium, tetapi biasanya dalam jumlah kecil. Itu karena dalam kolam atau akuarium yang berfungsi dengan baik, amonia beracun diubah menjadi nitrat yang relatif tidak berbahaya oleh bakteri menguntungkan melalui serangkaian langkah biologis. Proses di atas sangat alami, jika Anda tidak menambahkan terlalu banyak ikan selama bulan pertama, Anda tidak akan mengalami masalah ini. Masalah biasanya muncul ketika Anda menambahkan terlalu banyak ikan terlalu cepat ke akuarium baru dan tidak memeriksa kualitas airnya. Dapatkan ikan koi cantik dan bagus di Duta Koi Sejahtera tempat jual ikan koi Blitar murah untuk koleksi anda.

Baca Juga: Panduan Cara Mendeteksi, Mengobati dan Mencegah Penyakit Koi Herpesvirus

Kadar ammonia juga bisa menjadi sangat tinggi karena berbagai alasan. Misalnya, penyaringan atau sirkulasi yang tidak memadai, pemberian makan yang berlebihan, penimbunan berlebih, pemijahan, pemadaman listrik yang berkepanjangan, membunuh banyak ganggang dan tidak mengeluarkannya dari kolam dan mengobatinya dengan obat-obatan. Cara Mencegah Kadar Amonia Tinggi yaitu:

  • Periksa kualitas air secara teratur
  • Memiliki filtrasi dan sirkulasi yang memadai
  • Sesuaikan jumlah ikan dalam kolam atau akuarium
  • Tidak memberi makan ikan koi secara berlebihan

Jika Anda memiliki kadar amonia tinggi, di atas 1,0 ppm, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengganti air sebagian.  Penggantian air setiap hari seharusnya cukup untuk membantu menurunkan kadar amonia. Dalam situasi ini, periksa kualitas air Anda setiap hari, atau bahkan dua kali sehari. Setiap kali Anda melakukan penggantian air, selalu upayakan untuk memastikan air yang Anda tambahkan ke kolam memiliki suhu yang sama dengan air kolam. Tambahkan bakteri bermanfaat ke kolam atau akuarium Anda. Amonia yang dihasilkan kemudian dihilangkan secara alami oleh bakteri menguntungkan.

Apakah Anda memiliki hobi memelihara ikan koi ataupun ingin berbisnis budidaya ikan koi? Hubungi kami sekarang juga di Duta Koi Sejahtera. Duta Koi Sejahtera adalah tempat jual ikan koi Blitar super, terbaik dan terpercaya. Anda bisa menghubungi kami langsung via WhatsApp atau langsung menuju ke lokasi kami yang berada di Modangan, Nglegok, Blitar, Jawa Timur.

Leave a Reply

Your email address will not be published.