Penyakit

5 Penyebab Ikan Koi Stress yang Harus Dihindari

ikan koi Blitar Super – Penyebab ikan koi stress haruslah benar-benar dipahami dengan baik. Baik oleh pemilik usaha, maupun Anda yang hobi mengoleksi ikan jenis ini. Selain dapat merusak keindahan, ikan koi yang stress juga lebih rentan terkena penyakit.

Apabila hal ini dibiarkan, bukan hanya bisa menyebabkan kematian pada ikan yang stress. Lebih dari itu, juga berpotensi menularkan penyakit ke koi lainnya.

5 Penyebab Ikan Koi Stress

Tentu kita tidak menginginkan ikan yang kita beli dan pelihara, mengalami stress yang mungkin akan menyebabkan kematian. Oleh karena itu, perlu kiranya merawat ikan Koi kita, agar terhindar dari kondisi stress. Kondisi tersebut, biasanya disebabkan oleh lima hal berikut:

1. Akibat Perjalanan

Setelah membeli ikan koi, maka akan dilakukan proses pengiriman menuju tempat pembeli. Selama perjalanan sudah tentu ada guncangan. Dampaknya ikan merasa takut, kemudian stress.

Atas dasar itu, Anda harus benar-benar memahami cara karantina ikan koi. Baik saat akan dikirim, maupun setelah baru sampai.

Salah satu hal yang bisa Anda lakukan, adalah membiarkan ikan tetap berada dalam plastik bawaan dari saat membeli. Selanjutnya tinggal memasukan ikan ke dalam kolam karantina.

Plastik tersebut dibiarkan terapung di atas permukaan kolam, setidaknya sekitar 2 jam. Hal ini bertujuan untuk menyamakan temperatur air, antara temperatur air di plastik dan di kolam ikan.

Cara lain untuk mengkarantina ikan koi yang baru datang, adalah dengan menyiapkan ember berisi air. Tambahkan pada air ember tersebut, garam kasar secukupnya. Masukan ikan tersebut ke dalam ember berisi air garam, selama 3 menitan. Setelah itu dimasukan ke kolam ikan seperti biasanya.

2. Parasit

Penyebab ikan koi strees berikutnya dikarenakan parasit. Secara sederhana, Parasit dapat diartikan mikroorganisme yang hidup menumpang. Ia memanfaatkan organisme lain untuk bertahan hidup.

Parasit pada ikan koi akan  menyerang kulit, sisik dan insang Koi Anda. Mereka menyebabkan iritasi pada bagian-bagian dari ikan Anda.

Jika hal ini dibiarkan terlalu lama, maka akan menyebabkan ikan stress. Cirinya adalah jika ikan Koi melakukan flashig secara terus menerus. Atau menggesek-gesekan badannya ke dinding akuarium, maupun lantai kolam.

Jika Anda sudah melihat indikasi itu, maka segera periksa ikan. Kemudian bersihkan parasit dari ikan secara manual terlebih dahulu.

3. Predator Penyebab Ikan Koi Stress

penyebab ikan koi stress

Jika anda memelihara ikan di kolam luar ruangan, maka hindarkan dari gangguan predator. Misalnya seperti ayam, kalkun, kucing, atau binatang lain yang dapat mengancam ikan Koi Anda.

Jika memelihara ikan di akuarium, maka hindarkan mencampur dengan ikan lain, yang bisa saja memangsanya. Karena ketakutan Koi secara terus menerus akan membuat stress.

4. Penanganan yang Kasar

Penyebab ikan koi stress selanjutnya karena salah di penanganan. Jika anda terlalu sering memindah-mindah ikan Koi. Misalnya dari kolam ke ember, maupun ketika membersihkan kolam.

Menangkap Koi dengan ember atau tangan secara kasar. Maka secara naluri, ikan akan ketakutan. Dan pada akhirnya stress. Jadi, ketika akan memindahkan Koi, lakukan dengan cepat. Jangan biarkan terlalu lama di tempat yang sempit.

5. Kualitas Air yang Buruk

Ini yang paling sering terjadi, karena kurangnya perhatian dan perawatan. Air yang tidak terfilter dengan baik, akan meningkatkan kadar amonia yang tinggi. Dan dapat mengakibatkan hal buruk bagi ikan Koi. Amonia dalam air, akan memengaruhi organ-organ internal, dan sistem saraf ikan Koi Anda.

Jadi, lakukan pembersihan kolam atau akuarium secara berkala. Hal ini untuk menghidarkan kotoran, dan tingkat amonia yang tinggi. Jangan lupa juga tambahkan filter air, agar kualitas air selalu terjaga.

Menjaga kolam atau akuarium, dan lingkungan sekitar dengan baik, akan membuat kenyamanan untuk Koi. Sehingga senantiasa terhindar dari lima hal, yang membuat ikan Koi stress di atas.

Menjaga ikan Koi dari jangkauan anak-anak juga penting. Hal ini karena biasanya anak-anak, akan selalu memainkan ikan Koi. Juga menakut-nakuti dengan gerakan-gerakan yang mendadak.

Demikian pembahasan mengenai penyebab ikan koi stress. Semoga informasi ini bermanfaat. Jangan lupa share agar semakin banyak yang merasakan manafaatnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *