Persiapan dan Prosedur Karantina Ikan Koi Baru

Persiapan dan Prosedur Karantina Ikan Koi Baru

Jual Ikan Koi Blitar Super – Melakukan karantina pada ikan koi yang baru menjadi aturan nomor satu, tetapi ini sering kali diabaikan oleh pemilik koi. Karantina Koi baru di kolam lain sangat penting karena Koi yang baru dibeli dapat membawa parasit, bakteri, jamur, atau virus. Jangan langsung memasukkan Koi baru ke kolam Anda. Simpan Koi baru di tangki terpisah dan pantau selama beberapa minggu.

Meskipun Koi baru dalam keadaan bersih dan sehat, sering kali ia kelelahan dan stres selama perjalanan ke rumah Anda, terutama jika dikirim dalam semalam dari distributor. Ikan koi Biasanya lemah dari perjalanan dan memiliki kekebalan yang rendah. Jadi jika dimasukkan ke kolam utama terlalu cepat, ikan koi yang baru bisa terinfeksi dan dapat menularkannya ke semua ikan yang sudah ada di kolam. Duta Koi Sejahtera tempat jual ikan koi Blitar super menyediakan koi berkualitas.

Singkatnya, tujuan karantina adalah untuk melindungi ikan koi yang sudah ada dan merawat ikan koi yang baru untuk kembali ke kesehatan penuh sebelum dipelihara di kolam utama. Menyiapkan sistem karantina cukup sederhana. Anda dapat menyiapkan versi sementara tanpa filter atau versi yang lebih permanen dengan sistem filter. Kedua metode tersebut baik untuk dilakukan tetapi Anda perlu mengingat hal-hal berikut.

Baca Juga: Tips Menguntungkan Budidaya dan Jual Ikan Koi Blitar Murah

1.    Periksa parameter air secara konstan

Tangki karantina biasanya jauh lebih kecil daripada kolam biasa dan oleh karena itu parameter air dapat berubah dengan sangat cepat, terutama jika Anda menggunakan versi sementara tanpa filter. Untuk tangki karantina tanpa filter, saya sarankan Anda tidak memberi makan atau memberi sedikit makan. Memberi makan akan meningkatkan kadar amonia dan nitrit dan Anda akan dipaksa untuk sering mengganti air. Dapatkan ikan koi berkualitas di Duta Koi Sejahtera tempat jual ikan koi Blitar super.

2.    Kelola Suhu Air

Menjaga suhu air tetap hangat adalah tips karantina penting lainnya. Sistem kekebalan Koi Anda bekerja paling baik ketika air lebih dari 70 ° F. Pada suhu ini, mereka dapat lebih cepat pulih dari stres dan kelelahan dalam perjalanan ke lingkungan baru. Ini juga penting karena penyakit KHV (Koi Herpes Virus) hanya muncul di suhu air hangat. Dan dibutuhkan waktu sekitar 2 minggu untuk muncul.

3.    Tambahkan Koi Kecil dari Kolam Anda

Hal ini merupakan cara baik untuk mengetahui apakah penambahan baru ke kolam Anda dapat menyebabkan masalah. Jika Koi baru membawa virus, itu akan memengaruhi Koi ini. Atau sebaliknya. Koi di kolam Anda mungkin membawa sesuatu tetapi sudah kebal terhadapnya. Jika Koi baru Anda tidak kebal terhadapnya, Anda akan melihat masalah tersebut di tangki karantina.  Ini juga akan membantu Koi baru beradaptasi dengan lingkungan baru.

Berikut petunjuk untuk melakukan karantina ikan koi yang baru ke dalam tangki terpisah dari Duta Koi Sejahtera tempat jual ikan koi Blitar super:

  1. Tambahkan 3 lb garam / 100 galon air ke tangki karantina Anda (0,3% salinitas)
  2. Amati Koi baru dengan hati-hati untuk memastikan tidak mengembangkan penyakit selama 14 – 21 hari
  3. Jika tangki karantina Anda memiliki filter, beri makan Koi dengan ringan.
  4. Jika tangki karantina Anda tidak memiliki filter, Anda mungkin masih memberi mereka sedikit makan, tetapi lakukan penggantian air sebagian setiap 2 – 3 hari (sekitar 25%). Tambahkan garam untuk mempertahankan salinitas 0,3%.
  5. Setelah 3–5 hari, jika Koi terlihat sehat, Anda dapat menggunakan Koi Prazi dan Ich-X untuk menangani potensi parasit.
  6. Selama masa karantina, periksa kadar pH, amonia, dan nitrit secara teratur
  7. Pertahankan suhu air 65–78 F, idealnya 70+ F.

Apakah Anda memiliki hobi memelihara ikan koi ataupun ingin berbisnis budidaya ikan koi? Hubungi kami sekarang juga di Duta Koi Sejahtera. Duta Koi Sejahtera adalah tempat jual ikan koi Blitar super terbaik dan terpercaya. Anda bisa menghubungi kami langsung via WhatsApp atau langsung menuju ke lokasi kami yang berada di Modangan, Nglegok, Blitar, Jawa Timur.

Leave a Reply

Your email address will not be published.