Kolam

Tips Memilih Cat Dinding Kolam Ikan Koi yang Tepat

Tips Memilih Cat Dinding Kolam Ikan Koi

Jual ikan koi Blitar Super – Tips memilih cat dinding ikan koi, tentu dibutuhkan. Khususnya bagi kamu yang baru selesai membuat kolam ikan tersebut.

Banyaknya pilihan warna cat, wajar jika membuat bingung memilih warna yang tepat. Selain memperhatikan kenyamanan, kamu juga harus mempertimbangan estetis, dari tampilan yang nantinya dihasilkan.

Seperti diketahui, ikan koi sendiri adalah ikan hias yang memiliki keunggulan utama, pada warna yang dimilikinya. Dengan perpaduan warna dinding kolam yang tepat, maka keindahannya akan semakin terpancar.

Tips Memilih Cat Dinding Kolam Ikan Koi

Tips ini berlaku, jika kamu tidak menggunakan keramik pada dinding kolam. Namun jika menggunakan keramik, pilihan warna berikut bisa menjadi rekomendasi, terhadap penggunaan warna keramik yang dipilih.

1. Menggunakan Warna Alami

Tips Memilih Cat Dinding Kolam Ikan Koi

Salah satu ciri kolam bernuansa alami, umumnya menggunakan dasar batu-batuan. Jika demikian, tentu menggunakan cat bernuansa alami, adalah pilihan yang tepat.

Dalam pemilihan warnanya, sebaiknya sesuaikan dengan warna batu-batuan tersebut. Misalnya batu-batuannya berwarna hitam, maka alangkah baiknya jika cat dinding yang digunakannya, juga berwarna hitam.

2. Warna Biru

Lingkungan sekitar salah satu faktor penambah nilai estetika ikan koi. Selain kolam tentu air yang ada di dalamnya.

Dalam tips memilih cat dinding kolam ikan koi ini, saya menyarakan menggunakan warna biru. Dengan demikian, maka air akan terkesan berwarna biru.

Namun tentunya hal ini dikembalikan pada selera masing-masing. Yang paling penting, selain terlihat indah ikan juga tetap merasa nyaman.

3. Cat Warna Hitam

Hitam merupakan warna netral yang banyak disukai orang. Penggunaan warna hitam pada dinding kolam. Akan membuat warna ikan koi yang cerah, tampak semakin kontras dan menarik.

Penggunaan warna ini, akan menampilkan keindahan warna ikan dengan lebih maksimal. Sebab warna hitam akan menjadi background, bagi warna ikan. Otomatis ikan akan tampak sangat jelas, dan tidak ada samar sedikit pun, dari warna lainnya.

4. Pertimbangkan Memilih Warna Hijau

Setiap orang tentu memiliki pengalamannya masing-masing. Tak sedikit yang lama-lama merasa risih.

Terutama oleh warna air yang dalam waktu tertentu, berubah warnanya menjadi hijau. Hal tersebut karena lumut maupun ganggang.

Solusi dari masalah ini, salah satunya adalah dengan menggunakan cat dinding berwarna hijau.

Ada benarnya, jika ada yang mengatakan apa pun warna cat yang digunakan, lambat laun akan berubah menjadi hijau. Ini karena pengaruh lumut yang tumbuh di atasnya.

Penting diperhatikan dalam memilih cat. Penggunaan warna yang tidak wajar, dapat menyebabkan ikan merasa tidak nyaman, bahkan takut.

5. Membiarkan Dinding Kolam Tanpa Dicat

Pada dasarnya lumut bagi kolam ikan juga penting. Salah satunya untuk membuat kolam ikan koi benar-benar seperti di alamnya. Salah satu pilihan bijak dalam hal ini, tentu dengan membirkan dinding kolam tanpa cat.

Dengan hal ini, maka dinding kolam akan lebih mudah ditumbuhi lumut, sehingga sangat baik untuk ikan.

Tips Saat Mengecat Dinding Kolam Ikan Koi

Setelah membaca tips memilih cat dinding ikan koi, tentu kamu sudah punya gambaran akan warna cat, yang akan digunakan. Sebagai tambahan, berikut tips ketika mengecat kolam ikan koi:

  1. Pilih cat berbahan dasar air.
  2. Pilih cat berkualitas tinggi, khususnya yang tidak mudah mengelupas.
  3. Pilih cat anti air (mengandung unsur acrylic)
  4. Pastikan dinding dalam keadaan kering ketika melakukan proses pengecatan.
  5. Pastikan dinding yang akan dicat dalam keadaan bersih.
  6. Lakukan proses pengecatan minimal 3 lapis. Setiap lapisan selanjutnya, menunggu lapisan sebelumnya kering.
  7. Biarkan selama 2-3 hari agar benar-benar kering, baru setelah itu kolam bisa diisi air.
  8. Pastikan tidak ada kebocoran pada kolam.
  9. Isikan kolam dengan air, bersihkan dengan lap agar bau cat hilang.
  10. Buang kembali semua airnya.
  11. Isikan air bersih kembali, pastikan filternya berjalan lancar. Biarkan dia bekerja selama 1 sampai 3 hari, agar kolam benar-benar bersih.
  12. Biarkan kolam tanpa ikan minimal 2 selama 2 minggu, baru setelah itu ikan boleh dimasukan ke kolam. Hal tersebut untuk mencegah resiko ikan mati.

Demikianlah, tips memilih cat dinding ikan koi dengan tepat. Apakah Anda mengalami permasalahan seputar kolam, atau membutuhkan jasa pembuatan kolam berkualitas. Jangan sungkan untuk menghubungi kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *