Tips untuk Meningkatkan Siklus Nitrogen di Kolam Koi Anda

Tips untuk Meningkatkan Siklus Nitrogen di Kolam Koi Anda

Jual Ikan Koi Blitar – Musim kolam koi adalah saat yang menyenangkan bagi kita semua sebagai sebuah hobi. Sungguh luar biasa melihat Koi kita yang cantik bangun dari musim dingin yang panjang atau berenang di musim panas untuk makan dari tangan kita. Manfaat ketenangan dari ikan koi seringkali menjadi hal terakhir di pikiran kita.

Ketika menghadapi peralihan musim atau pancaroba, ini adalah saat yang menegangkan dan waktu untuk benar-benar memperhatikan karena kita melihat Koi yang kita miliki sakit dan mungkin panik. Di Duta Koi Sejahtera, kami menggunakan beberapa tips untuk mengobati parasit, bakteri, jamur dll. Tapi sekarang Anda harus benar-benar mulai memperhatikan kondisi kolam koi Anda.

Bagaimana Anda Tahu Kapan Koi Anda Membutuhkan Perhatian Penuh?

Peralihan musim pancaroba adalah waktu paling berbahaya dalam setahun. Air lebih hangat. Pulih dari musim dingin yang panjang, Koi masih lemah. Parasit dan bakteri akan menjadi lebih cepat aktif dan mulai menyerang Koi Anda. Dalam kasus parasit, Koi akan mulai berkedip, melompat dan / atau tetap diam di dasar kolam. Dan dengan menjaga kesehatan air dapat menjaga Koi Anda tetap sehat!

Tahukah Anda bahwa sekitar 75% tubuh ikan adalah air, sama seperti 60% tubuh Anda adalah air? Artinya, memiliki air yang sehat untuk Koi lebih penting daripada manusia. Jika Anda menganggap bahwa Koi hidup dan bernapas di dalam air, Anda dapat mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas air terhadap kesehatan Koi.

Tujuan dari penulisan posting blog ini untuk memberi Anda dasar dari siklus nitrogen di kolam Anda sehingga Anda dapat menjaga kesehatan air untuk Koi Anda. Kami juga akan menjelaskan rekomendasi produk terbaik kami untuk menjaga kesehatan air Anda.

Baca Juga: Mengapa Koi Anda Bisa Mati Secara Acak? Berikut Solusinya!

Memahami Siklus Nitrogen

  1. Koi memakan makanan dan menghasilkan limbah. Makanan yang tidak dimakan Koi juga akan membusuk. Keduanya melepaskan amonia. Amonia sangat beracun dan berbahaya bagi Koi. Diperlukan tingkat amonia 0.
  2. Nitrosomonas adalah bakteri nitrifikasi. Mereka mengonsumsi amonia dan mengubahnya menjadi nitrit. Namun, nitrit masih beracun bagi Koi. Diperlukan tingkat nitrit 0.
  3. Kita membutuhkan bantuan dari jenis bakteri nitrifikasi lain, nitrobacter. Nitrobacter mengkonsumsi nitrit dan mengubahnya menjadi nitrat. Nitrat tidak beracun bagi Koi.
  4. Nitrat dapat dengan mudah dihilangkan dari sistem dengan penggantian air, atau tanaman air dan alga dapat mengkonsumsinya.

Agar air tetap sehat untuk Koi, ada banyak topik lain yang perlu dipahami. Namun, memahami siklus nitrogen kolam Anda adalah langkah penting pertama Anda untuk keberhasilan pengelolaan kolam.

Kebutuhan Kolam Anda Akan Oksigen

Kolam Anda membutuhkan lebih banyak oksigen daripada yang mungkin Anda harapkan. Koi membutuhkan oksigen. Tetapi bakteri menguntungkan ini juga membutuhkannya. (Bakteri yang membutuhkan oksigen disebut bakteri aerob). Selain itu, alga mengkonsumsi oksigen; dan ketika puing-puing membusuk, oksigen semakin berkurang.

Jika kolam Anda baru, siklus nitrogen belum terbentuk. Jadi, penting untuk menyemai kolam dengan bakteri yang menguntungkan. Jika kolam Anda sudah terbentuk, kami tetap menyarankan Anda menambahkan bakteri secara teratur, seminggu sekali. Koi makan dan menghasilkan limbah setiap hari. Ekosistem berubah setiap hari. Untuk menjaga agar semuanya seimbang, kami rasa sangat bijaksana untuk menambahkan bakteri menguntungkan secara teratur dan menjaga jumlah bakteri secara konsisten.

Apakah Anda memiliki hobi memelihara ikan koi ataupun ingin berbisnis budidaya ikan koi? Hubungi kami sekarang juga di Duta Koi Sejahtera. Duta Koi Sejahtera adalah tempat jual ikan koi Blitar super terbaik dan terpercaya. Anda bisa menghubungi kami langsung via WhatsApp atau langsung menuju ke lokasi kami yang berada di Modangan, Nglegok, Blitar, Jawa Timur.

Leave a Reply

Your email address will not be published.